Skip to main content

#marchproject 12: Bambang Sugiharto, Extension Course Filsafat dan Oprah

Foto diambil dari vitarlenology visual diary

 34. Ada Bambang yang lain yang menginspirasiku selain Bambang Q-Anees (BQ). Namanya Ignatius Bambang Sugiharto, Filsuf dan guru besar Fakultas Filsafat UNPAR ini, banyak memberi pencerahan dalam hidupku. Mendengar ceramah-ceramahnya di kelas filsafat, sungguh membantuku menguraikan kekusutan berpikir tentang fenomena-fenomena di sekitarku. Sebagai Profesor, pak Bambang, biasa aku memanggilnya, sosok yang sangat terbuka, humble dan cukup trendy hehehehe.. Pak Bambang cukup lugas dan artikulatif dalam menjelaskan banyak teori atau fenomena yang seolah rumit dan kompleks itu sehingga relatif mudah dipahami dan dimengerti. Biasanya penjelasan pak Bambang ini membawa pada lebih banyak pertanyaan dan penelusuran yang membuatku menemukan strategi-strategi pengembangan komunitas di tobucil dengan lebih baik. Karena setiap kali mendengar kuliahnya atau ngobrol sama dia, seperti proses mereview lagi apa yang sudah aku jalankan dan apa yang perlu diperbaiki atau ditambahkan. Aku merasa sangat beruntung bisa mengenalnya dan berkesempatan mengikuti kelas-kelasnya.


35. Bicara tentang Pak Bambang Sugiharto, aku juga harus menyebutkan bahwa program Extension Course Filsafat dan Budaya yang selenggarakan oleh Fakultas Filsafat UNPAR sejak tahun 2003 adalah salah satu sumber inspirasiku. Di program ini aku bertemu banyak pemikir-pemikir dan mengenali keragamanan pemikiran yang bisa memperjelas atau malah memperumit. Program ini banyak memberi masukkan secara konseptual dan substansi terhadap gagasan-gagasan yang muncul dalam diriku. Meski realisasi dari gagasan itu adalah tindakan yang remeh temeh atau sederhana saja, tapi biasanya proses mengkonsepnya cukup rumit dan perlu banyak masukkan dan perspektif. Karena aku ga tertarik sekolah formal lagi, program seperti ini sangat membantuku mengupgrade pola pikir tanpa harus terbebani oleh menyusun tesis atau disertasi :D

foto diambil dari sini

36. Oprah. Siapa yang tidak terinspirasi oleh Oprah? Setiap menonton box set 20 tahun Oprah terutama edisi Christmas Kindness, aku selalu nangis bombay karena begitu terharu. Oprah selalu menunjukkan pada semua orang termasuk aku bahwa banyak sekali cara untuk berbagi pada sesama manusia dan sesederhana apapun itu.

Comments

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut