Mulai Januari, meski mulainya di detik-detik terakhir _ aku akan mencoba berbagi catatan tentang produksi dan seputar pengalaman menjadi seorang bookbinder yang memiliki brand 'vitarlenology.' Ini bukan berarti sietem produksiku lebih baik dari yang lain, bukan. Ini justru menjadi catatan buatku sendiri yang mungkin berguna buat orang lain, untuk saling belajar dan berbagi pengalaman sebagai seorang 'crafter' dan 'book binder'.
"Berapa lama ya perngerjaannya?" atau "Selesainya kapan ya mba?" pernyataan yang sangat lazim ditanyakan kosumen, ketika mereka memesan produk buatan kita. Dulu aku menjawabnya sesuai dengan waktu minimal yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Misalnya aku bisa selesaikan dua hari ya aku jawab dua hari, tiga hari, ya aku jawab tiga hari. Tapi ternyata jawaban ini buatku sungguh merepotkan. Bayangkan saja, jika ada konsumen pesan di hari senin, aku akan menjawab notebooknya akan selesai dikerjakan di hari kamis. Begitu juga ketika pesanan masuk di hari selasa, aku akan mengatakan pesanan bisa selesai di hari jumat, dan seterusnya.
Setelah dijalani, waktu pengerjaan seperti ini, sangat tidak efisien. Karena ini membuat aku mesti bolak balik hampir setiap hari ke tempat vendor produksi yang menyediakan alat produksi yang aku tidak miliki. Ibaratnya penetapan waktu pengerjaan seperti ini seperti 'mengecer' pekerjaan. Aku jadi kehilangan banyak waktu di jalan untuk bolak balik. Waktu yang semestinya bisa aku manfaatkan untuk yang lain. Dan jika aku ga bisa pergi aku biasanya meminta go-jek untuk mengantarkan bahan ke tempat vendor. Tentunya penetapan waktu pengerjaan seperti ini akan berdampak pada pemborosan biaya kurir go-jek.
Akhinya, mulai Januari ini, aku menetapkan batas waktu maksimal bagi para pemesan. Pertanyaan yang sama sekarang aku jawab dengan jawaban: "pengerjaan maksimal 7 hari, sabtu dan minggu tidak dihitung". Kenapa Sabtu dan Minggu tidak dihitung? karena itu adalah jadwalku libur produksi tapi pesanan bisa tetap masuk. Jadi jika ada konsumen memesan di hari rabu, itu artinya pesanan maksimal akan selesai di Jumat minggu depannya. Dengan jawaban seperti ini, aku bisa membuat jadwal ke tempat vendor dengan lebih efisien. Karena ada waktu untuk mengumpulkan pesanan terlebih dahulu. Misalnya aku mengumpulkan pesanan dari hari Sabtu sampai Selasa, pesanan empat hari bisa aku masukan ke vendor di Selasa sore dan biasanya akan selesai keesokan harinya. Sementara pesanan Rabu sampai Jumat, bisa aku masukan vendor produksi Jumat sore dan selesai keesokan harinya. Waktu produksi seperti ini, justru memberiku keleluasaan dan efisiensi waktu serta biaya produksi. Keleluasaan ini yang membuat aku jadi punya waktu untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lain di luar pesanan, riset dan pengembangan untuk desain baru dan tentu saja waktu untuk bersenang-senang :D
Menentukan waktu maksimal keuntungannya adalah konsumen sejak awal berharap pesanannya akan selesai di waktu maksimal yang sudah ditentukan. Ketika kita bisa menyelesaikannya lebih cepat, konsumen akan senang dan puas karena merasa dilayani dengan cepat. Selain itu, karena produk yang kita buat adalah buatan tangan kita sendiri, kadang di tengah-tengah waktu pengerjaan, tiba-tiba saja muncul gangguan, entah itu acara dadakan yang menyita waktu dan mengacaukan jadwal atau kita tiba-tiba sakit dan terpaksa harus berisitirahat dan tidak bisa mengerjakan pesanan pada hari itu.
Menentukan waktu maksimal membuat kita jadi punya cadangan waktu, meski ini bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan dalam pengerjaannya. Semoga catatan produksi ini bermanfaat :)
31 Januari 2016
"Berapa lama ya perngerjaannya?" atau "Selesainya kapan ya mba?" pernyataan yang sangat lazim ditanyakan kosumen, ketika mereka memesan produk buatan kita. Dulu aku menjawabnya sesuai dengan waktu minimal yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Misalnya aku bisa selesaikan dua hari ya aku jawab dua hari, tiga hari, ya aku jawab tiga hari. Tapi ternyata jawaban ini buatku sungguh merepotkan. Bayangkan saja, jika ada konsumen pesan di hari senin, aku akan menjawab notebooknya akan selesai dikerjakan di hari kamis. Begitu juga ketika pesanan masuk di hari selasa, aku akan mengatakan pesanan bisa selesai di hari jumat, dan seterusnya.
Setelah dijalani, waktu pengerjaan seperti ini, sangat tidak efisien. Karena ini membuat aku mesti bolak balik hampir setiap hari ke tempat vendor produksi yang menyediakan alat produksi yang aku tidak miliki. Ibaratnya penetapan waktu pengerjaan seperti ini seperti 'mengecer' pekerjaan. Aku jadi kehilangan banyak waktu di jalan untuk bolak balik. Waktu yang semestinya bisa aku manfaatkan untuk yang lain. Dan jika aku ga bisa pergi aku biasanya meminta go-jek untuk mengantarkan bahan ke tempat vendor. Tentunya penetapan waktu pengerjaan seperti ini akan berdampak pada pemborosan biaya kurir go-jek.
Akhinya, mulai Januari ini, aku menetapkan batas waktu maksimal bagi para pemesan. Pertanyaan yang sama sekarang aku jawab dengan jawaban: "pengerjaan maksimal 7 hari, sabtu dan minggu tidak dihitung". Kenapa Sabtu dan Minggu tidak dihitung? karena itu adalah jadwalku libur produksi tapi pesanan bisa tetap masuk. Jadi jika ada konsumen memesan di hari rabu, itu artinya pesanan maksimal akan selesai di Jumat minggu depannya. Dengan jawaban seperti ini, aku bisa membuat jadwal ke tempat vendor dengan lebih efisien. Karena ada waktu untuk mengumpulkan pesanan terlebih dahulu. Misalnya aku mengumpulkan pesanan dari hari Sabtu sampai Selasa, pesanan empat hari bisa aku masukan ke vendor di Selasa sore dan biasanya akan selesai keesokan harinya. Sementara pesanan Rabu sampai Jumat, bisa aku masukan vendor produksi Jumat sore dan selesai keesokan harinya. Waktu produksi seperti ini, justru memberiku keleluasaan dan efisiensi waktu serta biaya produksi. Keleluasaan ini yang membuat aku jadi punya waktu untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lain di luar pesanan, riset dan pengembangan untuk desain baru dan tentu saja waktu untuk bersenang-senang :D
Menentukan waktu maksimal keuntungannya adalah konsumen sejak awal berharap pesanannya akan selesai di waktu maksimal yang sudah ditentukan. Ketika kita bisa menyelesaikannya lebih cepat, konsumen akan senang dan puas karena merasa dilayani dengan cepat. Selain itu, karena produk yang kita buat adalah buatan tangan kita sendiri, kadang di tengah-tengah waktu pengerjaan, tiba-tiba saja muncul gangguan, entah itu acara dadakan yang menyita waktu dan mengacaukan jadwal atau kita tiba-tiba sakit dan terpaksa harus berisitirahat dan tidak bisa mengerjakan pesanan pada hari itu.
Menentukan waktu maksimal membuat kita jadi punya cadangan waktu, meski ini bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan dalam pengerjaannya. Semoga catatan produksi ini bermanfaat :)
31 Januari 2016
Comments