Skip to main content

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

 
Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)

 
Bahan yang dibutuhkan: Tutup botol, kancing dengan diameter sedang (yang penting masuk kedalam tutup botol), lem uhu, glue gun/lem bakar, coating/pilox clear/kutex bening, magnet bulet yang ukuran kecil saja dengan jumlah secukupnya (magnet yang warnanya silver daya tempelnya jauh lebih kuat daripada magnet yang warnanya gelap), paku payung, gunting, hasil cetakan atau guntingan-guntingan majalah yang dipotong berbentuk bulat dengan diameter 2,5 cm. 


1. Kamu bisa melayout sendiri huruf-huruf yang kamu inginkan di komputer sesuai dengan keinginanmu yang penting huruf tersebut masuk dalam lingkaran berdiameter 2.5cm. Bisa kamu print berwarna atau hitam putih, tergantung printer yang kamu punya. Atau jika repot ngeprint sendiri, kamu juga bisa mengambil huruf-huruf atau gambar dari majalah, kemudian lingkari gambar/huruf dalam diameter 2.5cm.

 
 


 
2. Lalu tempelkan potongan gambar/huruf tadi ke punggung tutup botol dengan menggunakan lem Uhu. Susun huruf sesuai dengan keinginanmu.


3. Balikkan tutup botol, lalu beri lem bakar di bagian dalamnya.  Setelah itu tempelkan 1 buah kancing.



 
4. Jika akan membuat pin: masukan paku payung ke dalam salam salah satu lubang yang ada di kancing, seperti nampak pada foto, kemudian, tempelkan di atas kancing yang sebelumnya sudah menempel. Dua buah kancing di susun jadi satu ini sebenarnya untuk membuat permukaan dalam tutup botol menjadi rata. 


5. Jika magnet yang akan dibuat, maka tinggal menempelkan magnet di atas kancing  seperti pada foto.



6. Terakhir semprotkan coating/pilox clear atau olehkan kutex bening, pada bagian huruf-huruf/gambar. tujuannya adalah untuk memperkuat huruf/gambar sehingga tidak mudah rusak dan tahan air. 



Mudah kan? ayo bikin sebanyak mungkin, manfaatkan tutup botol yang berserakan di sekitarmu.. :)

Comments

sica said…
Yang ini seru nih... tutorial mu sangat mudah dipelajari...

gile, jadi addict gini nengokin tiap hari.. wakakakkaka


tengkyuuuu
vitarlenology said…
hahahahah ca, lu kena peletnya vitarlenology.. hati-hati loh ga ada obatnya.. hahahahah thanks ya udah jadi pengunjung setia.. :)
Amanda Putri said…
Duhhh magnet ini menarik diriku untuk nengok blog ini (bahkan sebelum si magnet dibuat).

2 THUMBS UP MBA !!
vitarlenology said…
blog ini pake magnet yang silver, makanya daya tempelnya kuat heheheheheh.. thanks ya amanda..:)
Unknown said…
Halo mbak tarlen. Suka bgt sama blognya mbak tarlen. Ada ide bikin barang dr dvd/cd? Sy punya banyak, udah gak kepake lg,tp mau dibuang sayang. Thanks
Ays tala said…
makasih banyaj buat idenya...
ch said…
hahahah aku juga addicted sama Vitarlenology mbak :)) harusnya kamu pasang banner di bawah blog peringatan bahwa blog ini bisa menyebabkan kecanduan :D hihihi
Unknown said…
Aih, lucu banget magnetnya mbaak...makasii tutenya :)
melanotropika said…
..sangat suka dengan blog ini..
luar biasa kreative, pengin mencoba smuanya...
salam kenal mba tarlen..
Turseena Amelia said…
mba tarleeenn...aku suka bgt sama tutorial yang ini...simple tapi hasilnya dahsyat bgt..hehe.

Many thanks :)
Tira Soekardi said…
wah, ini gampang membuatnya, trims infonya ya
Edhini Senastri said…
kreatif banget mbak tarlen ini,,,sukaa banget liat tutonya thanks :)
Bee Wee said…
mba tarlen, salam kenal....

ku kepincut ma pin/ magnetnya...sudah membuatnya juga :)

makasih ilmunya asik banget...
nah sekarang beli magnetnya dibandung kira kira dimana mbak?
nah sekarang beli magnetnya dibandung kira kira dimana mbak?
Unih said…
Mbak, beli magnetnya dimana ya? Trus ditempelnya pakai lem tembak ya? Bukan ada bahan adhesive-nya langsung?
tutiek said…
hai mba.. salam kenal, lagi cari2 ide buat salah satu project anakku di sekolah, ketemu dengan blok ini. sungguh inspiratif.
Liat hasil-hasil karyanya jadi pengen manfaatin mesin jait yang masih setia di kardus sejak pertama beli hehehe..

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen