Skip to main content

Hari #3: Membuat Asbak Dari Kaleng Minuman Bekas

Hari ini sedikit hectic. Jadi tutorialnya aku ambil dari postingan lamaku untuk blog tobucilhandmade. Temen-temen yang sering datang ke tobucil dan terutama para perokok, pasti ga aneh dengan benda satu ini. Aku membuat asbak seperti ini banyak banget mengingat di tobucil asbaknya sakti mandraguna, bisa menghilang tiba-tiba. Aku ga merokok dan  aku sebel banget jika abu dan puntung rokok berserakan dimana-mana. Makanya aku punya banyak sekali stok asbak seperti ini di tobucil.
Salah satu cara mudah membuat asbak (bisa juga digunakan untuk tempat menyimpan receh atau lain-lain) adalah dengan memanfaatkan kaleng bekas minuman.

Bahan yang dibutuhkan:
Sarung tangan, kaleng bekas minuman dan gunting.

Cara membuatnya:

1. Potong bagian atas kaleng, kira-kira 2cm dari bagian atasnya.


2. Setelah terlepas dari bagian atasnya, bagian badan kaleng di potong menjadi 12 bagian dengan ukuran yang kurang lebih sama.

3. Setelah itu, tiap bagian yang sudah di potong, dilipat seperti pada contoh di atas.
hasilnya tampak depan
hasilnya tampak belakang

Comments

ch said…
horeeee aku suka ngumpulin kaleng bekas nih kebetulan hihi! Bikin ah, thanks banget mbak Tarlen tutorialnya :D
tapi aku juga benci rokok sih :( buat tempat pernak-pernik aja kali ya hehehe :D
vitarlenology said…
kalo kamu benci rokok, aku paling benci orang yang ngerokok trus puntungnya dibuang sembarangan.. tanya aja sama anak-anak tobucil, aku langsung murka kalo ada oknum yang melakukan itu di tobucil hahahaha.. oya kalo buat tempat pernak pernik, mungkin guntingnya ga usah terlalu sampai ujungnya.. jadi bentuknya kaya mangkok dan ga terlalu ceper, jadi isinya bisa muat banyak.. selamat mencoba ya.. :)
Puwi said…
aku juga benci rokok, asep dan segala teman2nya hehehe...
tutorialnya menarik sekali mbak tarlen. recycle!
tp mungkin aku ga akan buat untuk di workshopku, soalnya kl aku buat, nanti tmn2ku pd mengira kl si asbak itu disediakan untuk "diisi" hehehe... ya mungkin sm ky cecil, buat pernak/ik lucu jg sepertinya :)
Citra said…
di rumahku ga ada yg ngerokok tapi temen2 suamiku perokok berat semua
asbak2 juga suka menghilang,kalo pas lagi butuh akhirnya piring2 kecil si dedek jadi korban :(

thx tutorialnya ya..
besok apalagi nih.. he he he, penasaran ;p
vitarlenology said…
sama-sama mba..:), tunggu aja ya.. semoga setiap hari bisa jadi kejutan dan bikin penasaran heheheh..
happy said…
wih kreatif ya.. tadinya aku kira kalengnya cuma di potong aja. ternyata sampe dilipet2. makasih ya..
fakeandlou said…
wah keren! agak susah ya kayaknya? kok bisa rapi tanpa keriput2 ya... pokoknya keren deh!
Unknown said…
Jempool...coba kalo semua org bisa recycling kayak gini ya, tps2 bisa lebih lega, hehehe...
Dev said…
kerenn... bahannya mudah didapat, sederhana, tapi hasilnya baguss.. kerenn :D
Dev said…
keren, kreatif. bahannya mudah didapat, sederhana caranya. makasih tutorialnya. bisa bikin buat tugas sekolah nih :D
Unknown said…
cara ngelipatnya gimana..?
IDCHEAT.COM said…
keren gan lengkap banget pembahasan artikelnya
http://giribig.com/2015/11/membuat-asbak-dari-kaleng-bekas-minuman.html

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut