Skip to main content

Hari #9: Membuat Dompet Kubus Serba Guna

Setelah kemarin membuat tag buat tas, hari ini aku mau mengajak teman-teman semua membuat dompet kubus serba guna. Menjelang mudik nanti, dompet-dompet seperti ini akan sangat terasa manfaatnya: untuk menyimpan peralatan mandi, kabel-kabel charger hp, laptop, obat-obatan dll. Aku pribadi paling ga suka benda-benda seperti itu tercecer di dalam tas. Semua ada tempatnya dan ketika dibutuhkan tidak sulit mencarinya.

Bahan yang dibutuhkan: Kain dua macam motif, resleting (panjangnya sesuai dengan kebutuhan), gunting, mesin jahit.


1. Potong dua macam kain tadi dengan ukuran yang sama besar. Lalu potong selembar lainnya dengan ukuran yang lebih kecil untuk talinya.

2. Jahitkan resleting diantara dua lembar kain yang sudah dipotong tadi. Lihat contoh. Ulangi untuk sisi kain dan bagian resleting yang satunya lagi. Setelah resletingnya terpasang, hasilnya akan seperti pada foto.
3. Jahit potongan kain yang lebih kecil tadi, untuk tali pegangannya.

4. Lipat tali pegangan menjadi dua bagian, lalu selipkan diantara badan dompet yang sudah terlipat dengan posisi resleting pada bagian tengah. Lihat foto biar jelas. Lalu jahit sisi-sisinya.

5. Untuk menutup bekas jahitan, gunting kain membentuk ban untuk pinggiran lalu jahitkan. Lihat foto. Ulangi pada sisi jahitan yang satunya lagi.


6. Setelah selesai, buatlah sudut pada ujung sambungan, lalu jahit vertikal sejajar dengan posisi resleting, untuk memberikan volume pada dompet. Lihat gambar. Ulangi pada tiga sisi yang lain, sehingga terbentuklah dompet kubus, seperti pada gambar.

7. Terakhir, untuk merapikan jahitan volumenya, gunting sisa kain, lalu tutup bekas jahitan dengan menjahitkan kain sebagai penutup pinggiran, seperti tampak pada gambar. Selesai sudah dompet kubus serba guna.


Comments

Amanda Putri said…
Keren mba!!
Btw.. itu kainnya kain apa ya??
vitarlenology said…
aku pake kain buat sprei..
Unknown said…
yaaa,,,pake jait menjait...
aku gak bisa....hehehe
iMoeD GaLLeRy said…
baru liat blog nya.... bagus",, jd pengen coba ^-^
Unknown said…
ini lokasinya dimana? bisa minta tolong buatin ga?

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut