Skip to main content

Hari #20: Pom Your Day

Hari ini, puasa memasuki hari ke 20. Cuaca di seputar jalan Aceh Bandung, panas dan terik. Rasanya malas beranjak atau pergi-pergi. Nah di hari yang lumayan terik ini, mungkin bisa lebih menyemangati dengan pom pom warna warni. Beberapa waktu lalu seorang teman sempat bingung nyari alat pembuat pom pom. Kalau beli jadi, alatnya memang agak susah dicari (di Indonesia), tapi sebenernya kalo mau bikin sendiri alatnya gampang banget. Foto oleh Adi Marsiela.

Bahan yang diperlukan: Kertas karton agak tebal, jangka, gunting, benang untuk membuat pom pom.

 Gambar lingkaran di karton dengan menggunakan jangka. Diameter bebas, sesuai dengan keinginan. Buat pula lingkaran yang lebih kecil di tengahnya, lalu gunting. Hasilnya nanti akan membentuk lingkaran berbentuk donat seperti pada foto.


Setelah itu, gunting sedikit bagian dari lingkaran tadi, sehingga membentuk huruf  'C' seperti pada foto. Jangan lupa buat dua kali.

Ikatkan benang pada dua rangkap cetakan pom pom tadi.

Lilitkan benang, sampai cetakan pom pom terisi penuh dan tebal.

Gunting bagian tengah lilitan tadi dengan memasukkan gunting diantara cetakan pom pom rangkap dua tadi, biar guntingannya bisa lurus dan lebih rapi.

Setelah digunting semua, ikat bagian tengah lilitan benang tadi, dengan memasukkan tali pengikat lilitan benang yang sudah tergunting tadi di antara dua rangkap cetakan tadi. Ikat yang kencang dan sekuat mungkin.

Setelah selesai di ikat, buka cetakan tadi dari lilitan benang. Jika pom pomnya kurang bulat, kamu bisa mencukur/memangkasnya dengan menggunakan gunting.

Comments

Puwi said…
Mbak aku sdh buat banyak pompom.. aku nyari alatnya di kinokuniya kehabisan trs -__- akhirnya aku pakai cara manual (ngarang sendiri) tp ternyata cara ini yg lbh mudah! makasih mbak Tarlen!!!muuach!
Unknown said…
Aku sukaa pom2 & tips ini bermanfaat banget buat aku...mudah & murah tapi hasilnya ok! Makasii ya mbak :)
mbak u really r my inspiration!!
vitarlenology said…
biasanya kalo udah mulai bikin pom pom suka ga bisa berhenti.. :D terima kasih ya untuk selalu mengunjungi aku di blog ini.. >:D<
Tonto said…
aku ga ngerti cara ngiket itu.. gimana ya mbak...
aku ingat mbak. dulu SD diajarin bikin ini, ternyata istilahnya pom pom ya. :)
Emeraldadar said…
klo mau yg warna nya campur kan harus 2 benang yg berbeda.
nah,caranya gimana?
MomiAbrisam said…
Mbaakk,, keren banget! baru kepikiran mau buat pagi tadi eh..sorenya nemu posting ini, hihi God have mercy on me :)
makasih mbak tarlen yg super kreatif!
Bianglala Usang said…
Wah tiba2 dejavu.. kayaknya dulu pernah buat pom-pom dengan cara begini. Diajarin di sekolah kayaknya mbak.. wah.. wah... (fascinated by the dejavoo stuff)
Unknown said…
ketagihan buat pom pom pake carany mba :D
makasihh mba !!

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut