Skip to main content

Hari #14: Membuat Kalung Dan Gelang Dari Kancing Bekas Dengan Menggunakan Loom Knitting

Tidak terasa ya, puasa sudah memasuki hari ke 14. Masih ada setengah perjalanan lagi, untuk menggenapi satu bulan ramadhan. Hari ke 14 ini, aku mau mengajak teman-teman membuat kalung atau gelang dengan menggunakan teknik loom knitting, sebuah teknik yang paling mudah dalam rajut merajut, karena tidak perlu menggunakan jarum braypen. Pada tutorial kali ini aku dibantu oleh Palupi Kinkin untuk mendemonstrasikan sebagian tahapan pengerjaan, sementara aku memotret. Oya, variasi kalung yang dibuat dengan teknik ini, bisa dilihat di: Tobucil's Flickr atau Vitarlenology's Flickr. Model: Mega Pratiwi.

Bahan yang diperlukan: Benang rajut/ tali kulit sintetis/ kawat ukuran 0.5 ke bawah atau tali lain yang bisa dijadikan kalung, kancing/manik-manik/batu-batu untuk aksesoris, loom knitting dengan 3 gigi yang sudah jadi/loom knitting 3 gigi buatan sendiri, crochet hook/jarum hakpen, jarum jahit ukuran besar.

Cara membuat loom knitting 3 gigi: Ambil tape/solasi transparan ukuran gulungan yang paling kecil, tusukan 3 buah pin seperti pada foto dengan jarak yang kira-kira sama, untuk mengganti jarum pengait yang menjadi pasangan dari loom knitting, bisa menggunakan jarum hakpen.

 1. Roncelah kancing ke dengan menggunakan benang rajut/tali apapun. Ronce secukupnya, lebih baik lebih daripada kurang.

2. Masukan ujung benang ketengah-tengah lubang loom. Ujung benang terjulur ke bawah.

 3. Pegang ujung benang dengan menggunakan jari telunjuk sebelah kiri (jika kidal berarti arah sebaliknya). Lalu putar benang satu kali mengelilingi pin kuning, lalu tari ke arah pin biru putar benang mulai dari arah belakang ke depan pin biru, setelah itu, tarik ke arah pin pink, putar kembali benang mengelilingi pin pink mulai dari belakang ke depan. Tarik benang ke arah pin kuning dan simpan benang di bagian luar pin dan diatas benang yang sebelumnya mengelilingi pin kuning. (Jika bingung dengan penjelasannya, perhatikan saja fotonya.. :D)

4. Kait benang bagian bawah yang mengelilingi pin kuning. Keluarkan benang tersebut, sampai melewati benang bagian atas yang berada di bagian luar pin kuning. Sehingga kedua bagian benang tersebut saling terkait dan mengunci.

5. Tarik benang sampai pin biru simpan benang di bagian luar pin biru dan disebelah atas benang yang sebelumnya mengelilingi pin biru. Kait benang bagian bawah yang mengelilingi pin biru. Keluarkan benang tersebut, sampai melewati benang bagian atas yang berada di bagian luar pin biru. Sehingga kedua bagian benang tersebut saling terkait dan mengunci.

 6. Ulangi tahap 5, pada pin pink. Setelah tiga pin mengalami tahapan yang sama, berarti benang telah melewati satu putaran penuh. Ulangi terus sampai panjang yang diinginkan sebelum mulai memasukan kancingnya untuk dirajut.



7. Hasil rajutannya akan tampak seperti pada foto. rajutan secara otomatis akan berbentuk tali.

8. Sebelum mengulangi tahapan seperti tahap 5, masukan dulu kancing pada bentangan benang di antara pin kuning dan biru. Setelah itu lakukan tahap 5.


9. Ulangi tahapan di atas sampai jumlah kancing sesuai seperti yang diinginkan. Kancing juga bisa dimasukan berselang seling, sesuai keinginan. Kamu bebas berekspresi dan berkreasi untuk menghasilkan efek yang berbeda. Jangan takut salah. Ulangi lagi aja kalo hasilnya tidak seperti yang diinginkan. Semakin banyak mencoba semakin mahir dan tau bagiamana bagusnya menurutmu.

10. Setelah mendapatkan panjang yang diinginkan, untuk menutup hasil rajutan kamu, gunting terlebih dahulu benang yang sudah selesai di rajut kira-kira panjangnya 15 cm dari rajutan terkahir.

11. Ulangi tahap 5, tapi kali ini benang yang sudah terpotong, ditarik keluar. Setelah ditarik, maka benang akan terlepas dari gigi loom.

12. Ulangi tahap 11, pada gigi-gigi loom yang lain sampai benang terlepas semua dari gigi-gigi loom.

 13. Untuk mengencangkannya, tarik ujung tali, maka hasil rajutan yang sudah terlepas dari loom, terkunci sudah.

Untuk membuat kaitan pada ujung kalung atau gelang:

Ambil salah satu ujung benang, lalu gunakan hakpen untuk membuat tusuk rantai.

Sampai tusuk rantai yang terakhir, lengkungkan rantai yang sudah dibuat sehingga membentuk kaitan kancing. Setelah itu sisa benang yang terjuntai di ikat dengan membentuk simpul mati.

Sekarang ambil ujung satunya lalu, masukan jarum untuk memasang kancing pada ujungnya.

Setelah kancing selesai terpasang, ikatkan sisa benang yang terjuntai dengan menggunakan simpul mati. Untuk merapikannya, sisa benang bisa di selipkan pada rajutan dengan dengan menggunakan hakpen.

Buat gelang juga bisa...

Comments

Uty said…
Pengen buat... Btw mba tarlen loom knitingnya pink beli dimana?
vitarlenology said…
loom yang pink itu beli pas di amrik sama dibeliin kaka dari kuala lumpur..tapi coba cari di kids station, ada knitting set buat anak-anak, isinya kalo ga salah ada yang kecil juga..
Puwi said…
mbak aku terkagum2 banget sm ide2 mbak. bs manfaatin barang2 yg ada. :)
anadi aku di bdg, tak samperin trs pasti..hihihi :D
vitarlenology said…
pur, ntar pas persiapan pasar seni, nongkrongnya di tobucil aja .. siapa tau bisa sempet bikin sesuatu bareng-bareng...kutunggu loh.. :)
HM Zwan said…
g mati daya kreatifnya hehe...kapan2 buat ah, :)
Kreasicraft said…
Mantaaab banget mbak...jadi pengen nyoba.
Unknown said…
mba pake benang apa?

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut