Skip to main content

Hari #19: Pembatas Buku Magnetik

Ini adalah tutorial paling gampang yang aku buat sejauh ramadhan tutorial project ini berlangsung :D Tadinya aku mau memanfaatkan rol bekas lakban, tapi percobaanku gagal, hasilnya tidak seperti yang dibayangkan. Jadi harus aku coba lagi. Nah, sementara kekagagalan itu aku perbaiki, aku menemukan potongan-potongan magnet lembaran di rak bahan bakuku. Langsung aja aku kepikiran bikin pembatas buku, terinspirasi oleh pembatas buku magnetik yang aku dapat dari Museum of Modern Art.

Bahan yang dibutuhkan: Pita-pita, kancing kayu/hiasan lain berbentuk ceper, potongan magnet lembaran, double tape, gunting.

Gunting potongan magnet lembaran sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Lipat jadi dua, cari sisi yang ketika terlipat menempel lebih kuat dari pada sisi yang lain. Perlu diingat bahwa ada sisi yang tolak menolak, sehingga nanti kedua sisi magnet ini tidak dapat menempel dengan baik.

Tempelkan double tape pada permukaannya.

Tempelkan pita pada permukaan magnet, lalu lipat jadi dua, setelah dilipat tempelkan kancing kayu atau hiasan ceper lain pada ujungnya. Maka selesai sudah pembatas buku magnetik ini. Bentuknya akan seperti jepit rambut.

Untuk menjadikannya pembatas buku, jepit bagian buku yang akan ditandai dengan kedua sisi pembatas buku tadi.

Gampang banget kan, murah meriah untuk dijadikan souvenir..

Comments

Puwi said…
Mbak Tarlen, lembaran magnet itu belinya dmn ya mbak... makasih dah jadi inspirasi buat semua org :)
vitarlenology said…
ada di toko langgananku di bandung di perempatan jalan asia afrika dan oto iskandar dinata.. kalo berminat mau titip boleh loh, ntar aku kirim ke jkt..:)
vitarlenology said…
btw, sama sama loh puri, kita saling menulari semangat dan energi positif buat terus berkarya ya..:) dunia ini inflasi energi negatif jadi mari kita imbangi dengan lebih banyak lagi energi positif >big hugs<
Amanda Putri said…
Mba Tarlen, sejauh ini keknya tutorial ini deh yang jadi fav. aku. Klo SB_14-nya blum dikirim, boleh nitip magnet lembaran ini skalian ga mba.

Makasih ^_^
vitarlenology said…
amanda: boleh ntar aku email kamu ya ..
Amanda Putri said…
Sipp. Ku tunggu emailnya mba ^_^
Puwi said…
aku mau titip.. berapa mbak? :) hugs and kisses :-*
sica said…
wuaaaaaa ini asyik banget...

sumpeh lo, ternyata emang ada magnet lembaran yaaa... wkwkwkkw
kerlip bintang said…
Pembatas buku ini, kalo dijualin ke anak-anak goodreads pasti laku keras tuh.
Aku boleh beli yang udah jadi aja gitu? buat koleksi :D
toko apa namanya yg jual magnet lembaran itu?
vitarlenology said…
feti: boleh fet, ke tobucil aja..
mamatrixie: di toko WK otista..
Dinnykaa said…
keyen makasih ya mba tutorialnya banyak memberi inspirasi untuk mengajarkan bocah untuk senang berprakarya
amesh said…
*nyamber sebetulnya di toko maju mayestik ada tuh lembaran magnet juga tapi udah yang dipotong2 jadi bukan yang masih utuh.. eniwei tarlen, two thumbs up untuk konsistensi bikin proyek DIY-nya! kalo aku kali udah bolong2 banyak hohohoho :D
vitarlenology said…
dinny: sama-sama .. selamat menularkan semangat DIY pada anak-anak ya.. :)
amesh: Heheheh.. ternyata cara ini cukup efektif untuk membuat aku berdisiplin pada diri sendiri nih.. berasa jadi pemred terbitan harian, ada deadline tiap hari yang harus dipatuhi heheheheheh...
Pratya said…
mbak tarlen, toko yang jual magnet lembaran itu, nama tokonya apa ya? lagi nyari magnet seperti itu..makasih :))
Pratya said…
mbak tarlen, toko yang jual magnet lembaran itu nama tokonya apa ya? lagi nyari magnet seperti itu..makasih :))
HM Zwan said…
mbak,pengen banget lembaran magnet...di batam mana ada :(
vitarlenology said…
Bisa pesen lewat aku kalau mau..:) email aja..
Rin Purnama said…
mbak, saya pengen banget magnet lembaranna >,<
toko yg mbak maksud dmn ya?
Rinrin Aryanti said…
Aku baru tau ada magnet lembaran....tapi di kotaku ada gak ya...
Makasih tutorialnya...bagus banget, pengen coba
tp binging nyari magnetnya...

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut