Skip to main content

Notebook Bersabuk Batik Garut

 

Yang paling menyenangkan dilakukan di kala hujan adalah: berdiam diri di tempat kerjaku, bersama mesin jahit, kain-kain, kertas-kertas dengan ditemani kopi susu dan lagu, lalu muncullah ide bagaimana kalau sore yang hujan dan basah ini, diisi dengan membuat notebook. Dari belanja kulit-kulit imitasi di Cibaduyut kemarin, aku beli bahan ini. Tiga warna dan ngedoff (belakangan ternyata menjahit kain kulit imitasi kaya gini, ga gampang juga.. agak nempel di mesin jahit dan bikin hasilnya jadi kurang rapi. Aku mesti mencari tau tips n tricknya menjahit bahan kulit imitasi begini, mengingat aku agak perfeksionis kalo bikin notebook begini, kalo ga rapi suka sebel).

  

  

Kain kulit imitasi ini, kemudian aku kombinasikan dengan batik-batik garut yang masih ada (dan bikin aku pengen ke Garut untuk nyari lebih banyak warna). Sebelum batik garutnya aku satukan dengan kulit imitasiny, si kain batik aku tempel di kain keras dulu biar agak kaku, setelah itu baru di jahit ke bagian kulit imitasinya sekalian jadi bingkai di sisi-sisinya. Jilidnya langsung aku jahit ke sampulnya dengan menggunakan benang katun bali, kebetulan stok warnanya macem-macem di tobucil.

  

 

Bagian sabuknya aku pakai pinggiran kain batik, biar menambah aksen dan ga monoton. Trus untuk kancing sabuknya, aku tempelin magnet tas biar gampang buka tutupnya. Untuk menutupi bagian belakang magnet, aku tempelin kancing bungkus kain dari motif bagian sampul dalam, jadinya serasi.


Untuk kertasnya aku pakai kertas jenis BC (karton manila/ card stock) 120 gr. Ukurannya A4 di lipat 2 bagian. Jadi notebook ini ukurannya A5 atau setengah A4. Sengaja aku pakai kertas tebal, biar kalo notebook ini mau di jadiin scrapbook, ga terlalu tipis kertasnya. 

Foto lebih lengkap untuk Notebook Bersabuk Batik Garut bisa di lihat di sini.  

Comments

Mi (なおみ) said…
hujan membawa berkah ya .. hehee, terus berkarya ... (^.^)
vitarlenology said…
abisnya kalo ujan beneran males kemana-mana, jadi ya harus menemukan kesibukan yang cukup mencerahkan.. :)
Puwi said…
iya sama mbak, aku jg suka sebel kl buatnya ga rapi.. *padahal masih ga rapi jg..hehehe....*
mbak penggemar notebook jg ya? aku perhatiin, mbak banyak buat notebook.. keren2 lagi :D
goodjob :)
vitarlenology said…
tepatnya selain penggemar, aku juga kecanduan bikinnya..hehehhehe.. mungkin dengan bikin notebook yang lucu-lucu bisa mengajak orang untuk mulai menuliskan ide-idenya.. :)
chicfuschia said…
hai tarlen, makasih ya udh comment n pasang link blog aku. Aku ga tau gmn caranya pasng blogroll itu, jd blog aku ya sederhana gitu deh. Naksir notebooknya, insya Allah minggu dpn ke Bdg, kl sempet aku mampir ya...Pengen skalian liat benang, abs kl liat di tobucil online, kurang greget. Lagi banyak pilihan ga??
I. Widiastuti said…
hehehe aku suka bikinnya, tapi nulisnya nggak. hihihi
MEI SULING said…
bagus yah len, like always, so colorful!
vitarlenology said…
chic: aku tunggu ya mampir ke tobucil nya.. katalog benang baru akan ada di bulan maret..
dindie: kecepatan membuat tidak sebanding dengan kecepatan mengisi.. hehehhehe.. lebih cepet bikinnya daripada ngisinya..
mei: tak sabar pengen belanja lagi.. :D
Lia said…
bagusssss bangetttttttt
Astri said…
mba klo order yg ini pk batik garut n suede brp? uk A5
vitarlenology said…
acie, untuk suede+batik harganya 100rb pesanannya bisa dikirim via email: vitarlenology@yahoo.com
VENNY.K.RIDWAN said…
bagus banget mba....jd pengen belajar bikinnya..secara di gudang sy banyak bertumpuk kain2 yg blm terpakai...thks mba sangat menginspirasi...

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut