Skip to main content

Notebook Suede + Kain Makassar Pesanan Mba Fhia

Beberapa waktu lalu, mba Fhia dari Makassar ngimel aku dan ingin sekali dibuatkan notebook untuk jurnal persiapan pernikahannya. Tentu saja aku bersedia, apalagi mba Fhia ingin notebooknya memakai kain Makassar sebagai salah satu bahannya, aku semangat sekali. Selain batik, aku memang ingin sekali mengeksplorasi kain-kain tradisional dari wilayah timur Indonesia. Berhubung sulit di dapat, begitu punya suka jadi sayang juga motongnya.



Cover aku buat dari bahan suede dengan warna fuchia (ini minggu fuchia, ada satu notebook custom made lagi yang aku bikin buat Tiwi, warnanya juga fuchia tapi beda jenis bahan). Mba Fhia ingin notebooknya punya banyak kantong, biar bisa menyelipkan brosur-brosur atau hal-hal yang berhubungan dengan persiapan pernikahannya. Makanya aku bikin modelnya sama dengan travelling notebook dengan ukuran yang lebih besar dan kertas yang aku pakai juga lebih tebal. Pertimbangannya biar kalau nempel-nempel sesuatu atau notebooknya mau dijadiin scrapbook, kertasnya ga keriting karena lem.  Saku bagian dalam aku kombinasikan dengan kain kirim mba Fhia, sekalian juga bisa jadi aksen penghubung, karena kertas dalamnya berwarna-warni.


Bindingnya aku pakai teknik twist binding dengan warna ungu karena kain kiriman mba Fhia ada nuansa ungunya juga. Semoga mba Fhia suka sama notebooknya dan bisa jadi dokumentasi berharga untuk anak-cucunya kelak :)


Comments

mbak Tarlen : jujur nih, kemarin sempat merasa aneh, sama para crafter yg buat notebook. seperti mbak , dan Oma Anna.

rasanya, kayak berlebihan gitu mau handmade-nya. kan buku aja tinggal beli, kalau mau ditulis2.

dan ternyata, semakin kesini, setelah banyak peristiwa yg butuh dicatat agar bisa memberikan energi positif pada diri sendiri, sekaligus penyaluran silent cry, sepertinya, spesial notebook, sangat berharga ya. yg ditulis dgn tangan, dan bisa dibuka atau diisi sebelum kita tidur.

mbak, nanti aku bikin ah, cuman masih mikir kertasnya dan cara jilidnya gimana... nanti aku klak klik tutorialnya mbak Tarlen aja deh :))

sukses for handmade notebooknya ya mbak
mbak Tarlen : jujur nih, kemarin sempat merasa aneh, sama para crafter yg buat notebook. seperti mbak , dan Oma Anna.

rasanya, kayak berlebihan gitu mau handmade-nya. kan buku aja tinggal beli, kalau mau ditulis2.

dan ternyata, semakin kesini, setelah banyak peristiwa yg butuh dicatat agar bisa memberikan energi positif pada diri sendiri, sekaligus penyaluran silent cry, sepertinya, spesial notebook, sangat berharga ya. yg ditulis dgn tangan, dan bisa dibuka atau diisi sebelum kita tidur.

mbak, nanti aku bikin ah, cuman masih mikir kertasnya dan cara jilidnya gimana... nanti aku klak klik tutorialnya mbak Tarlen aja deh :))

sukses for handmade notebooknya ya mbak
oh ya, makasiiih udah mampir ke blog ku ya mbaakk :)))
amin atas doanya, semoga terkabul
oh ya, makasiiih udah mampir ke blog ku ya mbaakk :)))
amin atas doanya, semoga terkabul
vitarlenology said…
aku seneng bikin notebook karena aku memang seneng menulis, banyak hal yang buatku lebih nyaman untuk di tuliskan secara manual di buku harian.
Aku pernah bikin tutorial simple binding, di sini http://designbyvitarlenology.blogspot.com/2010/08/hari-18-floppy-disk-block-note.html

selamat mencoba ya :)
Amanda Putri said…
Mbaa... mau notebook biruuuu :)
vitarlenology said…
amanda.. aku punya warna biru sekarang..
fhia said…
mba tarlen... makasih udah brsedia buatin notebooknya. LOVE IT
sukaaaa banget, modelnya juga suka apalagi kertasx warna warni gitu jadi lucu

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut