Skip to main content

Rupa-rupa Alat Pembolong

holestools by vitarlenology
holestools, a photo by vitarlenology on Flickr.
Ini adalah rupa-rupa alat pembolong yang biasa aku pakai sehari-hari. Mari aku jelaskan satu persatu jenis dan kegunaannya.
1. Solder. Biasanya aku menggunakan solder untuk melubangi CD atau benda yang terbuat dari plastik. Cara kerja alat ini adalah dengan dipanaskan menggunakan listrik.

2. Traditional hole punch. Bentuknya seperti paku dengan rongga di tengahnya. Traditional hole punch ini lebih mirip pipa. Diameter lubang disuaikan dengan diameter rongga lubang di bagian bawahnya. Cara menggunakannya seperti memaku dengan menggunakan palu. Kelebihannya, kita bisa membuat lubang dimana saja karena alat ini cukup fleksibel. Biasanya tradisional hole punch digunakan untuk melubangi bahan yang cukup tebal seperti kulit (misalnya sabuk kulit).

3, 4, 5, 6, 7. Awl. Ini adalah jenis-jenis awl atau jarum panjang dan memiliki pegangan. Biasanya awl digunakan untuk melubangi benda-benda yang cukup tebal, sebelum dijahit atau disatukan. Aku biasa menggunakan awl ini untuk membuat lubang di setumpuk kertas sebelum aku menjilidnya biar lebih mudah dalam menjahitnya. Ukuran dan diameter sangat di pengaruhi oleh kebutuhan lubang dan ketebalan.

8. Double hole punch. Alat pembolong ini digunakan untuk membolongi kertas  supaya bisa dimasukkan ke dalam ring binder.

9, 10, 11. Single hole punch. Berbagai macam bentuk single hole punch yang disesuaikan dengan ukuran. Single hole punch no. 9 & 10 biasanya digunakan untuk membolongi kertas, sementara single hole punch no 11, bisa digunakan di bahan yang lebih tebal selain kertas: kulit misalnya.

12. Bor tangan. Ini adalah salah satu bentuk bor yang digunakan secara manual alias bor tangan. Punyaku ini adalah bor tangan ukuran kecil, biasanya aku gunakan untuk melubangi karton tebal dengan ukuran bolong tidak lebih dari 1mm. Memakasi bor listrik, biasanya malah merepotkan karena putarannya terlalu cepat, sementara memakai bor tangan bisa lebih terkendali karena lebih pelan.

Semoga informasi mengenai rupa-rupa alat pembolong ini berguna.. :)

Comments

informatif banget mba. thx for sharing mba tarlen
regina said…
mba tarlen kalo yang buat lubangin tali jam tangan kulit tuh yang mana? pakai nomer 11 ukuran lubang terkecilnya bisa yah?
sangat bermanfaat....mudah2an bisa nemuin di toko2 terdekat... :)
vitarlenology said…
terima kasih kembali.. semoga bisa mendapatkannya di toko terdekat, kalau kesulitan mencarinya silahkan hubungi aku, siapa tau aku bisa bantu dapetin di bandung..

regina: iya pake no. 11 juga bisa, tapi kalo ga salah untuk jam itu ada yang kecil banget cuma aku belum pernah dapetin yg lubangnya sekecil itu..
Okus said…
kereeen bangetttttttt, gokil nih ide2nya..., makasih sudah menginspirasi
Fadilah said…
wah berguna banget mbak info nya. sekalian harga ama tempat beli nya dong. hehehehe. kalo yang mau buat eyelet pake apa ya?
KangMaya IeuMah said…
informatip pisan (p=f) :)
{simple thing make usefull think}
ini pisan yang sayah cari teh....
Laura said…
mbak mau tanya cari awl yang macem2 itu di mana ya? Aku udah lama nyari buat stitching tapi gak tau beli di mana. :)
vitarlenology said…
Laura, awl untuk pembolong stitching aku dapet di daisho atau di toko perlengkapan jahit
Laura said…
duh maaf nih aku agak ndeso mbak, daisho nya di mana ya? kalo di jakarta tokonya di daerah mana? atau kalo di bandung biasanya bisa dicari di daerah mana? nuhun pisan sebelumnya ya mbak... hehehe
aduy said…
Mba, kl yg no.11 bisa dibeli dmn ya di bandungnya? Nhn
aduy said…
Kl yg no.11 dapetin di bandung dmn ya? Nhn
Unknown said…
Kalo traditional hole punch nyari nya dimana ya teh ?
Rie said…
salam kenal mba tarlen, mbak cari awl buat bikin blocknote belinya di toko alat jahit juga ya?
Unknown said…
Greetings Mba Tarlen.. Mba aku mo nanya, kapan alat2 bookbinding ada di tobucil?? I'm sure binders2 di bandung are in a desperate search for those awls and bone folders and stuffs :'(

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut