Skip to main content

Menyulam Kata-kata Bijak

Hari ini terinspirasi oleh sulaman kata-kata bijak dalam bahasa Jawa yang diberikan Ojan dan Putri untukku, trus aku pengen bikin juga. Memanfaatkan bahan-bahan yang ada dan memilih kata-kata bijak yang aku temukan di edisi terakhir Oprah Show, maka aku sulam kata-kata itu di kain kanvas bergambar langit. Tertarik bikin juga? gampang kok caranya.

Bahan yang dibutuhkan: 
Pamidangan (hoops) atau bisa menggunakan pigura, Kain (bebas kain apa aja sesuai selera) besarnya sesuai dengan kebutuhan, benang sulam dan jarum,  pensil, karbon (bisa karbon biasa atau karbon kain), gunting. Karbon dibutuhkan jika tulisan yang mau disulam tidak langsung di tulis di atas kain, tapi di jiplak dari gambar atau kertas pola.

Cara membuatnya:


Aku menulis kata-kata bijaknya di komputer dulu, trus aku print, trus aku jiplak dengan menggunakan karbon. Bisa juga ditulis langsung di atas kain.



Setelah tulisan dipindah di atas kain, aku mulai menyulam. Sebenernya ini menyulam dengan tusuk asal-asalan karena kalau lihat di bagian belakang, sungguh acak-acakan :D ternyata kalau udah lama ga menyulam jadi kaku dan kurang rapi, terutama tulisan 'bring'nya.. 


Setelah selesai aku memberi lem pada sekeliling pamidangan (hoops) sebelum kain hasil sulamannya aku tempelkan.  Setelah aku pasang di pamidangan, bagian belakang kain yang tersisa aku rapikan dengan menempelkannya pada bagian dalam pamidangan.



Beginilah hasil akhirnya kalau dilihat dari belakang. Jika mau lebih rapi, bagian belakang bisa di tutup dengan kain yang sudah dipotong bulat seukuran pamidangannya untuk menutupi sulaman bagian belakang. 



Nah yang ini hadiah dari Putri dan Ojan, aku suka sama kata-katanya: Dalane isih dawa, mulane aja wedi rekasa yang artinya jalannya masih panjang, makanya jangan takut menderita.. Setiap pagi sebelum beraktivitas aku membaca kata-kata bijak yang aku gantung dekat pintu kamarku.. sangat menyemangati. Big hugs buat Putri dan Ojan >:D<

Comments

yufinats said…
keren!!! akupun penyuka menyulam kata2 bijak :) toss ah
http://yufinats.blogspot.com/search/label/quotes
Sari Sulistiyo said…
waaw,kereen mba,,aku jg suka kata2 bijak,,tp blm prnah kepikir u/ menyulamnya,,
ide bagus bgt ya klo buat kado ;D

salut buat mb Tarlen,,
buat Ojan&Putri juga ^^
Dita said…
aku suka artinya :)
sayamaya said…
wah, keren juga idenya mba: menyulam kata2. dan kalimat positif spt itu memang mampu membangkitkan/menggugah semangat ya ;)
vitalia said…
kereeeennn.. Thanks for sharing Mba..
Amanda Putri said…
suka deh sama yang awan-awan itu :)
Unknown said…
Kereeen mbak! Unik!
Bianglala Usang said…
Dalem Mbak.. boleh minjem kata2 bijaknya? Tks.
vitarlenology said…
mba Andi Lia: udah pindah bandung mba?

Bianglala: silahkan loh.. aku juga dapetnya dari Oprah..

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut