Skip to main content

Alat Pembuat Kancing Bungkus

Beberapa waktu lalu, mba Dina Santoso berkirim email padaku dan menanyakan soal alat pembuat kancing bungkus. Nah, postingan pertama di tahun ini akan menjelaskan tentang alat pembuat kancing bungkus yang aku punya dan cara kerjanya.

Alat pembuat kancing bungkus biasanya bentuknya seperti ini. Alat dengan model ini kelebihannya  bisa digunakan untuk membuat kancing dari berbagai macam ukuran sesuai dengan ukuran matras yang digunakan. Alat ini ukurannya tidak terlalu besar dan bisa di simpan di atas meja. Kira-kira tingginya sekitar 30 cm dan lebar 8 cm. Beratnya kira-kira 2kg.

Alat pembuat kancing dilengkapi dengan cetakan kancing yang disebut matras. Matras ini terdiri dari 3 bagian. Bagian bawah yang memiliki per, bagian atas dan alat untuk merapihkan kain yang akan dibuat kancing. Matras menjadi tempat untuk mencetak kancing yang terdiri dari dua bagian: mangkuk dan dtutupnya. Mangkuk kancing ini yang nanti akan dibungkus dengan menggunakan kain. Setiap bagian dijual secara terpisah. Biasanya jika kita membeli alat pembuat kancing, itu tidak termasuk matras dan mangkuk kancing.


 Mangkuk dan tutup kancing ini ukurannya berbeda beda. Jika kita ingin membuat ukuran yang bebeda, selain harus membeli mangkuk dan tutup yang berbeda ukuran, kita juga harus membeli matras yang berbeda sesuai dengan ukuran mangkuk. Bahan pembuat tutup kancing ini ada dua macam: yang terbuat dari plat alumunium dan juga plastik seperti pada gambar.


Cara membuat kancing bungkus dengan menggunakan alat ini adalah; pertama-tama kita siapkan kain bujur sangkar dengan sisi sepanjang diameter mangkuk di tambah 2cm. Simpan kain tersebut pada matras bagian atas, kemudian simpan mangkuk kancing di atasnya dan tekan sampai mangkuk kancing masuk ke dalam matras. Setelah itu rapihkan dengan menggunakan alatnya. Alat untuk merapihkan ini akan membantu mangkuk kancing terbungkus dengan sempurna oleh kain, terutama bagian tepinya.

 

Masukkan tutup kancing ke dalam matras bagian bawah. Lalu, Satukan matras bagian atas dan bawah dengan cara menutupkannya.




Putar tuas bagian atas sampai putaran maksimal, sampai matras bagian atas menekan matras bagian bawah, otomatis per pada matras bagian bawah akan ikut tertekan. Setelah itu, lepaskan putaran tuas. Buka matras bagian atas, maka jadilah kancing bukus dengan kain yang kita inginkan.

Oya, buat teman-teman yang berdomisili di Bandung, alat pembuat kancing bungkus ini di jual di toko-toko peralatan jahit di Cibadak dan jalan Otto Iskandar Dinata. Mangkuk dan tutupnya biasanya tidak bisa beli ecaran, minimal harus satu pak, isinya sekitar 144 buah. Alat ini akan bekerja dengan maksimal jika kita 'menempelkan' alat ini pada meja dengan menggunakan baut yang sudah disertakan dengan alat ini. Karena jika tidak di tempelkan akan merepotkan ketika alat ini bergerak-gerak saat digunakan, hasil yang didapat tidak akan maksimal.

Comments

happy said…
makasih.. kayaknya gampang ya.. kira-kira alat ini mahal gak?
vitarlenology said…
alatnya sekitar 150rb, matrasnya antara 50 sampai 75rb (semakin kecil ukurannya semakin mahal), trus mangkuk kancing dan tutupnya 1 pak sekitar 100rb
amesh said…
waaaaa semangat sekali di hari pertama januari! Salut!!
vitarlenology said…
resolusi 2011 mesh, lebih rajin ngeblog :)
neneng ceriwis said…
heuheuheu... jaman dulu gue suka main ma alat ini di rumah. Masih ada ga ya...
Joy said…
kalo di jakarta kancingnya bisa beli dimana? thx infonya :)
vitarlenology said…
joy, sepertinya kalau di jakarta di pasar pagi mangga dua
Nita indrayani said…
wah kebetulan lagi nyari mesin kancing ini dan di bdg blm tau tempatnya...makasih share infonya ya^^
Nita indrayani said…
Wah infonya pas banget...lg nyari mesin ini di bdg..thanks banget^^
Keke Wang said…
Kira - kira kalo di jakarta beli dimana yaa alat begini???
Unknown said…
mba...
mau tanya, kalau yang jual beads, macam-macam kancing yang unik, murah, variatif, dimana yaa di daerah bandung? kalau boleh tau nama tokonya apa?
Aq mau belajar buat fabric accsessoris...

Mksiihhh banyakk :)
Unknown said…
mba ...
Mau tanya kalau yang jual beads dan kancing yang unik, murah, dan variatif di bandung di mana yaa? nama tokonya apa? (selain toko crayon, karena yang itu aq udah tau)
Aq mau belajar buat fabric aksesoris.

Mkasih :)
Unknown said…
Kalau sy mau pesan alatnya bagaimana caranya ya? Ongkir ke kendari berapa?

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut