Skip to main content

'Melarikan Diri' Ke Singapura

Baik aku dan Claudine sepakat, ini bangunan 'ga banget deh!'
Ceritanya seminggu sebelum lebaran kemarin, aku dan Claudine 'melarikan diri' ke Singapura selama tiga hari. Tujuannya mencari referensi. Aku pribadi memang membutuhkan referensi mata maupun pustaka untuk mencari ide-ide segar dalam membuat notebook. Singapura menjadi pilihan karena 'cukup dekat' dan terjangkau dan sepengamatanku banyak stationery oke di sini. Ada penerbangan langsung dari Bandung dan harga tiketnya lumayan murah kalau beli pas promosi Air Asia. Sementara Claudine berniat mencari referensi tentang art journaling dan scarpbook.


Chinatown Singapura. Jujur aku lebih suka Chinatown glodok petak sembilan mangga dua.. lebih hidup ..

Selain itu, beberapa tante pelanggan tobucil bilang bahwa di Daisho Singapura, barangnya jauh lebih lengkap dari Daisho Bandung dan harganya lebih murah. Terakhir ke Singapura, tahun lalu aku bener-bener ga ada agenda belanja belinji. Lagi pula tahun lalu hanya semalam, itupun dalam kondisi sudah sangat lelah dan ingin segera pulang kembali ke Indonesia setelah tiga minggu keliling dari Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Rumah keluarga kelinci di Singapore Philatelic Museum dalam rangka pameran perangko tahun kelinci,.
Kunjungan tiga hari kemarin, memang sengaja agendanya blanja blinji dan pergi ke museum. Untuk menghemat, aku dan Claudine membeli Museum Pass untuk 3 hari kunjungan seharga 20 SGD. Ada 8 Museum yang bisa dikunjungi secara gratis dengan menggunakan museum pass ini (yang diwarnai orange itu yang aku kunjungi):


Tips lain yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran transportasi dan memaksimalkan anggaran belanja :D aku dan Claudine selama 3 hari beli RMT tourist pass 34 SGD.  Lumayan kan, bisa bolak balik menggunakan RMT selama 3 hari tanpa perlu bayar lagi. Kalau kartu RMT passnya kita kembalikan setelah selesai dipergunakan, petugas tiket RMT Singapura akan mengembalikan uang kita sebesar 10 SGD.

RMT Station Bugis
 Singapore tempat yang cukup nyaman buat jalan kaki, tapi aura ketergesaannya ternyata lebih besar daripada New York City. Ga tau kenapa, tiga hari di Singapura, setiap kali jalan rasanya kok terburu-buru, kurang santai. Alhasil, udah pake sepatu yang paling enak buat jalanpun, tetep aja lecet. Kebalikkannya di NYC, dua minggu pertama sebelum hapal rute subway dan paham arah, aku kerjanya nyasar dan harus jalan kaki kemana-mana bisa sampai 20 blok sampai kaki rasanya mau putus. Tapi kakiku ga pernah lecet karena kebanyakan jalan. Mungkin karena lebih santai dan dinikmati.  Selama di Singapura, aku tuh udah pake sepatu yang paling nyaman buat dipake (Camper kurang nyaman gimana lagi coba!). Karena ga terpikir bakalan lecet kaki, aku lupa bekal sendal jepit. Padahal di hari ketiga aku terpaksa beli sendal jepit, karena ga mungkin pake sepatu dengan kondisi lecet di telapak kaki. Jadi, teman-temanku sekalian, ada baiknya bekal sendal jepit kesayanganmu. Dia bisa jadi penyelamat, dikala telapak kaki penuh dengan tempelan plester karena lecet. Akibat lecet ini, aku jadi ga terlalu semangat foto-foto karena sibuk dengan urusan lecet :D

Ruang bersamanya Tree in Lodge Green Hostel

Aku dan Claudine menginap di Tree in Lodge Green Hostel di Bugis Street. Per malam 29 SGD (sudah termasuk deposit 5 SGD), dengan kondisi kamar dorm 16 tempat tidur dan masing-masing dapet loker. Harga tadi udah termasuk sarapan pagi dan free internet. Aku suka hostel ini, dibanding hostel yang aku tempati tahun lalu di daerah Clark Quay. Resepsionisnya akrab dan hostelnya cukup ramah lingkungan. Hanya satu blok dari stasiun RMT Bugis. Bagiku penting untuk memilih hostel dekat dengan stasiun RMT, karena akan mudah nantinya ketika harus ke Changi Airport.

Claudine & Tarlen
Pada postingan berikutnya aku akan menceritakan kunjunganku ke toko-toko buku & stationery keren. 


Comments

Kawakib Craft said…
jd gak sabar nunggu posting berikunya ^_^
rika daniel said…
segera postingan berikutnya ya mba :D..seru ni kyknya..
printiland said…
mantapp..siap menunggu cerita selanjutnya :)
angki said…
kiyaaaa sangat menanti postingan berikut! pengen juga euyy kaburr ke singapore :))

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut