Skip to main content

Hari #23: Membuat 'Benang Rajut' Dari Kantong Kresek

Hari ini aku mau memberikan tutorial sederhana bagaimana memanfaatkan kantong kresek menjadi benang/tali untuk merajut. Aku tuh benci banget sama kresek apalagi yang berwarna hitam apalagi kalau berminyak.. duhhh... menjijikan. Tapi kantong kresek hitam ini termasuk yang paling banyak ditemui, karena lebih murah dibandingkan dengan jenis kresek lainnya. Kresek hitam ini adalah hasil daur ulang yang paling akhir, artinya itu dia ga bisa didaur ulang lagi dan kualitas plastiknya juga cukup rendah di bandingkan yang lain. Menjadikan kresek hitam ini sebagai 'benang rajut' bisa memberi nilai dan fungsi baru, sekaligus bisa mengurangi keberadaannya (asal semua orang mulai membawa tas belanja sendiri dan menolak si kresek hitam ini.

Bahan yang dibutuhkan: Kresek hitam, gunting dan alat merajut (bisa bray pen atau crochet hook)

Rapikah kantong kresek sesuai dengan lekukannya ketika dia belum dipergunakan.

Lipat jadi dua memanjang, seperti pada foto.

Lalu lipat lagi menjadi dua bagian atau seperempat dari ukuran aslinya.

Gunting bagian dasar kresek, lalu gunting kira-kira 2 cm seperti tampak pada foto. Jika lipatannya dibuka, maka guntingan kresek tadi akan membentuk gelang-gelang plastik.

Setelah itu, ikat gelang plastik satu dengan yang lain dengan cara mempertemukan salah satu sisi dengan sisi yang lain.

Masukan sisi yang lain kedalam bagian tengah irisan pertemuan dua gelang tadi.. kalau penjelasannya kurang jelas, silahkan lihat foto.

Tarik, tapi jangan terlalu keras biar sambungannya lebih kuat dan kencang.

Panjang tali bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan dan warnapun bisa dikombinasi sesuai dengan rajutan yang akan dibuat.

Setelah itu maka kamu akan mendapatkan alternatif benang rajutan yang bisa kamu rajut atau renda sesuai denga keinginanmu sekaligus juga kamu bisa mengurangi sampah kresek hitam yang ada disekelilingmu...:)

Comments

cassia vera said…
aku pernah nyoba, ngga 2 cm tapi 1 cm lebih.. oke juga kok, apalagi kalo untuk hakpen yang lebih kecil :p sukanya pake kantong yang bergambar atau bewarna.. semburnya jadi lucuuu :D
Unknown said…
Waa, keren2, kresek aja bisa jadi alternatif benang rajut!
vitarlenology said…
mba dan: kalo kresek yang lebih tebal sebenernya ada lagi cara pengolahan yang lain, ntar kalo keburu aku posting di tutorial beberapa hari ke depan..:)

mba andi lia: iya mba kalo dah liat jadinya, ga keliatan dari kresek asal bisa bikin model yang pas aja..
waw,, bagus!! aku terpana melihatnya hehehe
Likes!
Uty said…
Aku jg lg bikin mba tas dr kresek, tp aku ngga di gunting putus jd gelang2 aku gunting serong jd kreseknya panjang, sayang karna malas dah empat bulan tas nya ngga jadi2
vitarlenology said…
sama ty, aku juga ada tas yang aku rajut dari kresek sampe sekarang belum jadi-jadi.. hehehhehe

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut