Skip to main content

Oleh-Oleh Dari Workshop Boneka Monster

Halo semuanya, pakabar? udah lama nih ga update blog. Aku akan mulai lagi dengan membagikan oleh-oleh dari workshop boneka monster di acara Kelir Festival yang lalu.


 Foto-foto Workshop Boneka  Monster di Park Slope, Brooklyn, ada di sini


Membuat boneka monster buatku adalah kegiatan yang menyenangkan. Pertama kali aku dikenalkan pada pembuatan boneka monster ini, tahun 2008 dalam program residency internationalku di NYC. Kathy Malone dari Brooklyn Indie Market mengundangku untuk terlibat dalam workshop ini yang merupakan bagian dari acara Eco Festival di Park Slope, Brooklyn, NYC. Waktu itu Kathy sudah menyiapkan template monsternya yang berupa kantung-kantung bakal boneka moster yang terbuat dari kain. Ia juga menyiapkan isiannya (bisa berupa dacron atau guntingan-guntingan kain bekas) dan pernak-pernik berupa kancing, pita-pita untuk menghias monsternya. Jadi anak-anak tinggal mengisi kantung-kantung itu dengan bahan isian dan menghias sesuka hati. Waktu itu aku sebagai sukarelawan membantu anak-anak ini menutup lubang kantung bekas isiannya. Bisa dijahit mesin, bisa juga dijahit tangan.


Workshop Boneka Monster di Crafty Days #2

Workshop Boneka Monster ini bener-bener berkesan buatku. Begitu pulang kembali ke Tobucil, aku langsung mengaplikasikannya sebagai salah satu program workshop di acara Crafty Days #2 Recycled Attack 6-7 Desember 2008). Bikin boneka monster ini buka hanya menarik untuk anak-anak aja, tapi orang dewasa juga ternyata banyak yang seneng. Kurasa boneka seperti halnya mainan, sampai kapanku akan selalu menarik. Dia seperti kebutuhan abadi setiap orang. Makanya kemarin pas ditawarin ngisi workshop di Kelir Festival, Boneka Monster jadi pilihan. Kemarin itu aku dibantu oleh Palupi Kinkin dan Errie The Third. Meski workshop ini diulang berkali-kalipun, tak akan pernah ada monster yang sama. Oya, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat monster-monster ini ga harus baru loh, bisa memanfaatkan bahan-bahan bekas (baju-baju bekas misalnya). Mau coba bikin? Seru loh buat ngisi liburan bareng anak-anak di rumah..:)

Foto-foto Workshop Boneka Monster di Kelir Festival ada di sini

Comments

waaa.....jadi pengen ikut, aku juga bikin monster doll juga mbak dari kain bekas, please check:
http://theycallmecemprut.blogspot.com/2010/04/cemmon-troops-from-jungle.html

kalo yg ini Cem Cem Doll dari kain bekas juga:
http://theycallmecemprut.blogspot.com/2010/04/cem-cem-family-part-one.html

kemarin sempet ke Bandung, pengen banget mampir tapi waktunya abis,hikhik...

xoxo
Puwi said…
mbak tarlen, ayo penuhi tobucil dgn monster :)
btw aku bingung pilihan benangnya krn aku ga tau namanya huhuhu..
hrs dtg lg nih ke tobucil hehehe..
ch said…
duuuuh nyesel banget gak ikutan :( *kayak umurnya mengijinkan aja yah hahahah*

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut