Skip to main content

Hari #22: Sabuk Dari Pembuka Kaleng Minuman

Aku menemukan sekantong pembuka kaleng minuman yang sempat aku kumpulkan. Waktu mengumpulkannya aku ga tau, benda kecil ini mau dibikin apa. Akhirnya hari ini menemukan idenya, dibikin sabuk aja. Di jalin dengan tali warna warni, jadi deh sabuk unik. Mau tau cara bikinnya?
 Bahan yang diperlukan: Pembuka kaleng minuman (100 pcs), 2 utas tali yang cukup kuat dengan panjang 150 cm.

1.  Sisakan tali kira-kira 25cm sebagai ekor yang menjuntai lalu kat tali pada setiap sisi lubang pembuka kaleng.

 2. Ambil pembuka kaleng kedua, tumpuk di atas pembuka kaleng pertama dengan posisi saling beririsan seperti tampak pada gambar di atas.

3. Ambil tali masukan dari arah depan ke belakang melewati sisi pembuka kaleng kedua yang terletak di atas pembuka kaleng pertama.

4. Letakkan pembuka kaleng ketika di bawah pembuka kaleng kedua dengan posisi saling beririsan. Kemudian masukan tali dari bawah ke dalam lubang yang menjadi irisan pembuka kaleng kedua dan ketiga. Karena ukuran pembuka kaleng ini tidak sama besar, maka letakkan berselang seling untuk mendapat bentuk sabuk yang lurus.

5. Letakkan pembuka kaleng keempat di atas pembuka kaleng ketiga dan saling beirisan. Lalu masukan tali dari atas ke bawah kedalam lubang hasil irisan pembuka kaleng ketiga dan keempat tadi. Tali di masukan melewati sisi pembuka kaleng keempat, jadi posisinya saling mengikat seperti tampak pada foto.

6. Letakkan pembuka kaleng kelima di bawah pembuka kaleng ke empat lalu ulangi tahapan di atas, sampai jalinan pembuka kaleng ini sepanjang yang kita inginkan.


7. Setelah sampai pada pembuka kaleng terakhir, potong tali dengan menyisakan ekor tali sama panjang dengan ekor tali pada awal tadi.

8. Setelah itu, ikat mati tali pada sisi pembuka kaleng. Maka sabuk pun selesai di buat.


Kamu bisa memasangkan gesper atau aksen lain pada ekor tali yang terjuntai. Pokoknya bebas berkreasi.

Perhatian! Oya, pada bagian belakang pembuka kaleng, biasanya ada bagian yang tajam bekas potongan yang menyambungkan pembuka kaleng dengan kalengnya. Nah, sebelum memulai membuat sabuk ini, sebaiknya bagian yang tajam ini di rapihkan dulu, dengan cara menekuk atau memukulnya dengan palu untuk menumpulkan bagian yang tajam tadi, supaya ketika sabuk dipergunakan, bagian yang tajam tidak menusuk kulit.

Selamat mencoba..:)

Comments

Amanda Putri said…
Ya Allah mbaaaaa. Ini ide-nya kok ga abis-abis siiihh. Makan apaan sih Mba Tarlen ini???

Ckckckckck... 2 THUMBS Up U Mba. Menjura deh pokoknya ^^
vitarlenology said…
hehehehe.. makannya sama kok sama kamu cuma aku ga pake sambel karena ga suka pedes :D terima kasih ya sudah jadi pengunjung setia blog aku..>:D<
sica said…
ini seru juga... aku gag mau dipake sabuk ah... mau buat semacam tirai gitu harusnya sih bisa juga ya len....heheheh :D
I. Widiastuti said…
ini tutorial terkeren selama ramadhan!
Puwi said…
aku suka bgtttt yg ini... seharusnya SBY liat blog ini dan mengangkat mbak tarlen jd mentri paling kreatif!!!!
vitarlenology said…
pur, kalo aku jadi mentrinya sby, dijamin aku jadi orang yang paling ga kreatif hihihihihih... ngebatin aja yang ada...:P
salam kenal mba tarlen, idenya boleh juga tuh, kebetulan adek saya suka ngumpulin pembuka kaleng tp sampe skg blm diapa2in.
regina said…
halow mb tarlen, salam kenal, aku suka bikin2 pakai barang ga kepakei juga, ide sabuknya keren bangettttt!
Nurul said…
wooowww keren mbak...salam kenal yah^^
Nurul-Japan
Ratih Sari said…
kalau boleh tau tali yang warna warni itu namanya apa ya?,, kalau benang katun ada yang warna gradasi gitu,, tapi kalau tali belum pernah tau hehehe,,,
makasi,,
vitarlenology said…
rie itu talinya pakai tali tambang dari kertas..
Ratih Sari said…
ow,, trus kalo mo beli nama kerennya di toko apa ya,, bagus banget sih warnanya,, penasaran,, hehehe,,
mbak Tarlen, sip banget aktifitasnya,, dari dulu saya pengen,, tapi gak perna konsisten hahaha,, smangat y,,,
Inge Lakawa said…
wow you are so creative!

do you want to follo each other?
visit my blog ^^
www.luchluchcraft.blogspot.com

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut