Skip to main content

Baju Baru di Akhir Pekan


Akhirnya baju ini selesai juga. Kakakku membantu memotong kain sesuai polanya pada bulan Februari lalu :P. Aku diamkan lama sekali karena waktu itu banyak masalah dengan mesin jahitku dan juga moodnya lagi ga menjahit. Akhirnya setelah mesin jahitku berpindah tempat dan diservis ke tukang servis langgananku, semangat menjahitku muncul tak terbendung. Semua jahitan-jahitan yang belum selesai, aku selesaikan. Bahkan kain yang belum terpotongpun, aku potong-potong dan dijahit jadi tas atau apapun demi semangat menjahit. Kain batik kupu-kupu ini adalah pemberian omku yang di Semarang untuk ibuku. Berhubung aku suka dengan warna dan coraknya, langsunglah aku merayu ibuku dan meminta kain itu untuk kujadikan baju. Sisa kainnya sebenernya cukup banyak, tapi dengan semena-mena aku jadikan notebook, sampai aku lupa menyisakannya untuk pinggiran baju ini. Setelah bongkar-bongkar rak kain dan menemukan kain merah polka dot ini, akhirnya kuputuskan untuk memakainya sebagai mengisi kekurangan sekaligus aksen, meski jadinya baju ini jadi sangat meriah :D


Polanya sebenarnya pengembangan dari pola dasar. hanya dengan di potong bagian atasnya aja, biar ga bosen.

Bagian sambungan badan depan, aku selipkan kain polka dot merah ini sebagai aksen biar ada variasi di bagian sambungan. Kancingnya juga aku bikin dari kain polka dot merah dengan menggunakan alat pembuat kancing. Bagian kerahnya juga aku kasih 'ban' dari kain polka dot merah. Meriah banget deh pokoknya heheheheh..


Bagian ujung lengan aku kecilin diameternya, ujungnya aku kasih aksen kain polka dot merah juga. Menjahit baju ini sangat cepat dan ga sulit. 30 menit juga udah selesai. Apalagi kalo punya mesin obras dan lubang kancing sendiri, karena biasanya yang bikin lama adalah pergi ke tukang obras. Apalagi kalo ngobras dan ngelubang kancingnya di King's Otista Bandung, hahahaha bisa lama banget karena belok dulu ke toko kain.

Ga sabar pengen jahit baju lagi dan nyobain model lain..

Comments

Puwi said…
u're so talented mbak tarlen :)
bajunya simpel tp cantik.. motifnya juga oke bgt...
pertanyaan selanjutnya:
kapan aku dibikinin baju,hehe...
maunya....

xoxo
Unknown said…
Euleuh, meuni rajin jahit baju sendiri :)
Batik kupu nya keren, mb Tarlen :)
vitarlenology said…
puri: hehehehe kalo temenku bilang itu model bajunya 'tarlen banget' sebenernya sih karena belum pede ngejahit yang model lain..
dita:boleh aja tapi kalo tangannya panjang sebelah ga nangung ya.. hihihih :D
andi lia: mba, ini sebenernya craft resolutionku dari tahun kemaren: pengen jahit bajuku sendiri, tapi baru kesampean sekarang-sekarang..
happy said…
kain kupu2nya lucu,... suka ke King's? aku udah lama banget ga ke King's.
happy said…
kain kupu2nya lucu,... suka ke King's? aku udah lama banget ga ke King's.
vitarlenology said…
happy: lebih sering ke gang tamim atau pasar baru sih daripada ke kings..
Citra said…
mbak,kok masih ga pede gitu sih
orang bajunya cakep gitu kok
pasti banyak yg tanya, belinya dmana ? he he he
kalau sempet, aku coba datang besok ke Bukan Bazaar
ga pede jg nih,ketemu banyak sesepuh, he he he
vitarlenology said…
itu kerahnya, masih salah, harusnya kainnya dipotong nyerong biar pas di pasang, bisa ngikutin arah lekukan kerah..
HM Zwan said…
uwaaaaaaaaaa,kreatif bangettt...aku juga suka jahit mbak..
salam kenallll :)

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut