Skip to main content

ADT's So.lil.o.quy

Inilah bentuk final dari bukunya Achmad D. Tardiyana atau yang biasa aku panggil mas apep. Cover dibuat dari kulit imitasi (oscar) dan tulisan di grafir laser di atas kulitnya. Teks dan sketsa di print laser BW di atas kertas padalarang. Pembatas tiap bagian di print di atas kalkir (biar keliatan kalau ini buku arsitektur hehehehe..). Bindingnya aku pakai long stitch dan tali kulit untuk mengikat bukunya.

Penggarapan buku ini bisa dibilang mission impossible. Dari idenya muncul sampai waktu peluncurannya kurang dari sebulan. Dan tentu saja proses produksi efektifnya hanya seminggu aja (waktu tulisan ini di tulis, proses penggandaan sampai 50 eks, masih berlangsung). Tadinya sempat terpikir untuk di cetak pakai mesin offset biar ada efek rough design, karena sketsa jadi ga perlu terlalu presisi hasil cetaknya. Tapi ternyata tulisannya cukup banyak dan ukuran font tidak mungkin kekejar kalau dipaksakan pakai mesin offset. Akhirnya aku putuskan untuk di print aja biar hasilnya lebih tajam dan tentu pertimbangan waktu juga.

Buku ini diberi nomer dari 00 s.d 50. Seperti yang udah aku bilang, 00 adalah punyaku hehehehhe.. nomer 01 akan di lelang pada acara peluncuran bukunya tgl 19 Desember nanti. Hasil lelangnya untuk mendukung Rumah Baca yang di buat mas Apep di lantai dasar rumahnya untuk warga sekitar. Foto rumah mas apep bisa dilihat di sini.
Aku senang dengan proyek kolaborasi seperti ini. Apalagi orang yang berkolaborasi denganku adalah sosok yang secara kekaryaan dan kebersahajaannya aku kagumi. Rasanya seperti berterima kasih pada salah satu sumber yang memberi inspirasi padaku selama ini. Oya buku ini ga akan mungkin terwujud tanpa kerjasama tim mission impossible: Yulianti Tanyadji, Esti Hapsari, Rahmadina dan Ismail Reza. Tentu saja terima kasih juga untuk mas apep yang sudah mempercayakan produksi buku ini padaku.


Sampai bertemu di acara peluncuran bukunya, Minggu, 19 Desember 2010, Pk. 12.00 di Warung Purnama Jl. Alkateri 22 Bandung.

Comments

printiland said…
aduh keren banget..komplit luar dalam keren!! sukses terus yaahh,i wish bisa ke bandung biar bisa dapet bukunya :p

next time bikin yang kosong yah supaya bisa dibeli buat sketsa pribadi..hehe ;)
Unknown said…
Mbak Tarleeen, apa kabar? Thn depan Insya Allah aku pindah ke Bdg lho, jadi bisa sering ke Tobucil ni ;)
Wah, bukunya unik banget, jempol buat mbak Tarlen :)
Sari Sulistiyo said…
kereeenn bukunya...seneng banget y klo pny temen kyk mb tarlen,,pasti sering dihadiahi^^ hehe..
vitarlenology said…
@printilan: aku memang akan membuat edisi ini.. setelah kelar kerjaan ini baru kembali ke blank notebook lagi..

@mba andi lia: wahh mba andi lia, aku seneng banget mba pindah ke bandung, kita bisa belanja kain bareng nih..

@sari: hehehehhe.. tau aja :D
sip & wip said…
Tarlen, satu kata... KEREN
it's so YOU... it's so mas Apep
all thumbs up
aryani@bdg said…
Mudah2an aku bisa dapat no 49 atau nomor yang lebih kecil lagi .. :(. Mudah2an tgl 19 Kimi mau diajak ke Purnama ..... :)
Keren Len ... :)
SS said…
bener2 keren...
Len...kertas padalarang itu produk daur ulang ya?
vitarlenology said…
mba widi: thanks mba.. sayang ya kamu ga bisa hadir nanti tanggal 19..

cici: heheheh.. mau cari nomer seri yang sesuai umur ga? asyikk ntar kita ketemu...

ss:iya kertas padalarang itu daur ulang..
gayanti said…
bagus sekali. selamat!
designer said…
Inspiring project! :)

Tarlen aq ada award untukmu lowh.. http://featheringanest.blogspot.com/2010/12/stylish-blogger-award.html

^_^
ingin sekali menjadi 50 orang pertama yg bisa mendapatkan edisi terbatas buku ini.. sayang tgl 19 tidak bisa datang ke bandung..
sukses buat mba tarlen, sukes buat pak apep.. :D
e-k-o said…
keren bukunya. btw jilid long stitch itu yg gmn ya? brp ongkosnya? tks
e-k-o said…
keren bukunya. btw jilid long stitch itu yg gmn ya? brp ongkosnya? klo di bandung, tempat jual alat2 jilid buku dmn ya? tks

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut