Skip to main content

Cara Menjahit 'Hobo Totebag Bolak Balik'


Masih ingat Charlie tottebag atau Hobo totebag yang pernah aku buat? Dan masih inget juga kan kain handmade karya  Polaku yang aku dapat beberapa bulan lalu. Karena lagi semangat membuat tutorial, kain dari Polaku itu aku bikin hobo totebag bolak balik. Caranya begini:

Pertama-tama, potong kain dengan bentuk seperti ini. Sebenernya ga harus seperti ini juga, bentuk bawah bisa sesuai selera, mau kotak aja juga bisa, yang penting bagian pegangannya ga terlalu sempit ketika tangan dimasukkan ke lubang tengahnya itu. Ada guntingan bagian bawah membentuk sudut, tujuannya untuk memberi volume pada totebagnya nanti, biar ga terlalu flat bawahnya. Jadi potonglah, dua macam kain dengan ukuran dan pola yang sama, masing- jenis dan corak dua lembar jadi total semuanya ada 4  lembar kain (untuk bagian luar dan dalam).


Lipat setiap lembar kain yang sudah di potong sesuai pola (seperti pada foto), kemudian bagian atasnya di jahit biar tersambung. Ulangi untuk setiap kain yang sudah dipotong sesuai dengan pola.

Setiap lembar kain yang bagian atasnya sudah di jahit dan tersambung, akan menjadi seperti pada foto.



Nah sekarang jahit sambungkan, potongan sudut yang akan membentuk volume tas. Lakukan pada semua sudut yang ada di setiap lembar kain tas.

Maka nanti hasilnya untuk setiap lembar kain akan terlihat seperti pada foto.


Kemudian pertemukan lembaran kain tas dari corak yang berbeda. Di tutorial ini adalah kain dari polaku dan kain batik. Pertemukan dengan posisi jahitan sambungan bagian pegangan tas ada di luar. Jadi posisinya saling tolak menolak antara kain polaku dengan batik merah.


Satukan dengan menjahitnya.


Setelah selesai di jahit, potong bagian lengkungnya seperti pada foto, tapi hati-hati ya, jangan sampai jahitannya tergunting. Tujuannya, biar kalau dibalik, bagian lengkungnya akan terlihat rapi seperti pada foto. Ulangi pada tahapan ini untuk kain sisanya.

Tahapan selanjutnya adalah menyambungkan kedua bagian totebag yang masih terpisah. Kain tas yang berwarna putih dipertemukan dan dijahit dengan yang putih lagi.

Nanti hasilnya akan terlihat seperti ini, kain putih tersambung dengan kain putih  dan bagian kain  batik juga di jahit dengan bagian batik lagi.


Setelah kedua bagian selesai dijahit, hasilnya akan seperti pada foto. Bagian jahitan akan bertemu dengan bagian jahitan. Jadi kain polaku dengan batik ini, posisinya akan tolak menolak.

Perhatian: Tahapan menjahit setiap bagian ini jangan sampai tertukar. Jika tertukar, tas akan susah dibalik.

Tahapan terakhir adalah menjahit pinggiran terluarnya, dengan cara melipat bagian luar ke dalam, seperti pada foto. Jahitan lipatan ini akan menyambungkan bagian luar dan dalam sekaligus seperti tampak pada foto. Selesai sudah Hobo totebag bolak balik ini.


Karena aku memakai dua macam corak kain yang berbeda, maka aku punya dua variasi untuk bagian luar. Bosan dengan gambar rusa, tinggal ganti sisi lainnya yang bergambar bunga. Bosan dua-duanya, aku tinggal membalikkan tas dan mendapatkan motif batik dan warna yang berbeda. Seru kan.


Nah bisa juga menambahkan dompet resleting bolak balik sebagai pasangannya. Jadi hobo totebag ini bisa jadi tas cadangan kalau pergi-pergi ke luar kota atau jadi tas belanja yang bisa dibawa-bawa ke mana-mana.

Selamat mencoba :) Jika tutorialnya kurang jelas, kasih tau aku ya..

Comments

happy said…
hallo.. salam kenal, .. great tutorial :)
vitarlenology said…
salam kenal juga happy, terima kasih sudah berkunjung :)
Asty said…
wowww
aku mau coba aaahhhhh
thanks for sharing mba :D
Amanda Putri said…
Mba!! mkasih tutorialnya ya. Btw.. motif kainnya unik-unik deh mba.
Eugenia Gina said…
waaaah, tarlen baeek, makasih ya tarlen, ntar kl ada waktu mau nyoba ah! :D
Wind. said…
Setelah coba2 jahit ini itu dan salah terus.. pake tutorial ini langsung jadi.
Buat yang besok2 pake ukuran ya mba!
trus request: tutorial menjahit bajunya hehehe
Citra said…
Mbak, dari tas itu berarti bisa dapat 3 versi ya, he he he
keren..
@Wind : setuju!!
Citra said…
Mbak, dari tas itu berarti bisa dapat 3 versi ya, he he he
keren..
@Wind : setuju!!
POLAKU said…
wah akhirnya kainnya jadi juga...huehehe
sica said…
gimana kalo kasih polanya juga len? hehehehe... buat saya yang pemula ini... :)
vitarlenology said…
sica, polanya bisa kamu tiru dari foto yang ini http://1.bp.blogspot.com/_BTquOPjBr4Y/TEgr5uXAq9I/AAAAAAAAD4I/n8edQAge7YQ/s1600/DSC01815.jpg
Puwi said…
kainnya polaku bagus ya mbak :) kl ngintip blognya Mbak Tarlen, jadi pengen buat ini itu terus :) terus berkarya ya Mbak ..
Hennyyarica said…
kalo mesin jahit yang untuk membuat tote bag itu bagusnya gimana ya? baru mau beli nih. need ur info please
vitalia said…
salam kenal.. tfs yaa.. aku mau coba buat juga.. :)
Keren banget mba! sharing yang oke.. plus jelas banget.. makasih yah.. jadi gak sabar nih pengen bikin juga.. dan gak sabar juga pengen buka2 postingan mba yang lainnya..
Thanks for sharing yah mba.. :)
Dien said…
Keren habis..jadi mupeng..tapi sayang gak punya mesin jait, padahal pengen banget nyobain...tutorialnya jelas banget lagi....semoga suatu saat bisa bikin deh..meskipun numpang jait ke tetangga hahahaha
dewdew said…
udah bisaaa mbak, tapi pake jait tangan...mesin jaitnya rusaakk
me & tupperware said…
mbaa izin copas yaa baru blajar jahit jugaa niih thanks bangeet share nyaa
me & tupperware said…
mbaa izin copas yaa baru blajar jahit jugaa niih thanks sharing nyaa
me & tupperware said…
mbaa izin copas yaa baru blajar jahit jugaa niih thanks bangeet share nyaa
Prananingrum said…
mbak ukurannya berapa ya ? trimksh seblmnya

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut