Skip to main content

I Love Stationery


Ketika menemukan buku ini, langsung deh girang berat! Gimana engga isinya desain stationery semua dan sebagian di buat dengan teknik manual dan handmade. I love Stationery ini disusun oleh Charlotte Rivers dan di terbitkan oleh W&V Press. Edisi Asia diterbitkan pertama kali tahun 2012. Desainer stationery dari Amerika, Eropa dan Australia juga tampil di buku ini. Mai Autumm (New Jersey, USA), Heidi Burton (London, UK), Oh My Deer Handmades (Nashville, Tennessee, USA), Akimbo (Adelaide, Australia), Sakura Snow (Amsterdam, The Netherlands), Cabin + Cub (Vancouver, Canada) dan lain-lain.

Charlote sengaja mengumpulkan beberapa desainer stationery yang menggunakan berbagai teknik di buku ini. Screen printing, block printing, ilustrasi, letterpress dan ilustrasi digital. Amerika sendiri memiliki acara tahunan dengan skala yang cukup besar untuk menampilkan desain-desain baru stationery: the National Stationery Shows di New York. Sayangnya di Indonesia belum banyak desainer yang mengkhususkan diri membuat desain stationery, padahal penggemar stationery di Indonesia ini cukup fanatik. Selain itu juga, banyak materi tradisional Indonesia yang sangat bisa diolah untuk desain-desain stationery ini.
Selain itu, sedikit penjelasan mengenai teknik yang digunakan juga dipaparkan di buku ini, jadi lumayan memberi tips and trick juga. Secara kesuluruhan material yang banyak digunakan oleh para desainer stationery di buku ini, terfokus pada kertas dan berbagai teknik cetak. Buatku, buku ini sangat menyenangkan karena bisa dapet banyak referensi dan ide segar dalam rangka cita-citaku yang ingin jadi desainer stationery juga :D mimpinya, suatu saat nanti di buku semacam ini ada porto folio desain dan karya stationeryku juga; Vitarlenology (Bandung, Indonesia). Amin.

Comments

Dwi Ananta said…
Amin! ^^ Dapat bukunya di mana mbak?
Warna Warni said…
wow..keren atuh ya... ^^

Amien..semoga tercapai ya mimpinya ^^
vitarlenology said…
terima kasih doanya heheheh...
itu buku dapetnya di gramedia kok..

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut