Skip to main content

Pembajakan Email


Tanggal 14 Februari 2012 lalu, emailku yang vitarlenology@yahoo.com di bajak orang. Dari alamat emailku itulah lantas terkirim pesan yang mengabarkan seolah-olah aku sedang berada di London dan terkena masalah. Ini membuat banyak teman langsung menghubungi aku mengkonfirmasikan kebenarannya dan sebagian lagi memberitahukan bahwa emailku di bajak orang. Yang paling menyebalkan dari pembajakan email ini adalah: semua alamat email yang sudah ke save di email address book, hilang. Semua arsip email yang ada di folder dan juga sent folder hilang setelah passwordnya aku ganti. 

Aku mencurigai, pembajakan ini terjadi karena beberapa hari sebelumnya aku mendapatkan email yang mengatas namakan Yahoo Service yang meminta para pengguna account Yahoo untuk memverifikasi account yang aktif dan yang tidak dengan memasukkan data-data pengguna termasuk password, karena kalau hal ini tidak dilakukan Yahoo akan mendelete account email kita. Waktu itu, aku mereply email tersebut dan memasukkan data pengguna tapi password aku kosongin. Email balasan ini di balas kembali oleh yang mengatas namakan Yahoo Service ini dengan meminta ku mengaktifkan verifikasi yang sudah aku lakukan dengan meng klik link yang mereka berikan. Dua hari setelah itu, tepatnya tanggal 14 Februari emailku sukses mereka bajak. 

Setelah kejadian aku baru kepikiran, rasanya ga mungkin juga Yahoo akan mendelete email yang akif dan yang tidak dengan meminta verifikasi kita.  Secara sistematis, ketika kita sign in ke account email kita, Yahoo pasti tau kalau account itu sedang kita aktifkan. Sementara kalau emailnya ga pernah di buka dalam jangka waktu yang sangat lama, bisa jadi account itu langsung di delete atau ada pemberitahuan kepada email lain yang jadi referensi ketika membuka account email tersebut. Tapi apa daya nasi sudah menjadi bubur. Ini pembelajaran untuk lebih berhati-hati dengan data kita di dunia maya. 

Kang Rizky Adiwilaga begitu menerima email spam dariku itu langsung meneleponku dan memberitahukan padaku untuk segera mengganti password emailku dengan yang lebih aman. karena kang Kiky, begitu panggilan akrabnya, juga pernah menjadi korban pembajakan email. 

Tips password email yang cukup aman karena cukup rumit untuk di baca oleh spammer adalah yang mengandung huruf kapital dan angka di dalam passwordnya. misalnya: V1t4rl3n0lo9y hihihih alay banget sih.. yang penting tetep bisa dingat dengan mudah. Ada artikel menarik tentang Tips Membuat Kata Sandi yang Aman, silahkan di buka. 

Selain itu, untuk menghindari kehilangan arsip email, sebaiknya email-email yang penting di save as di komputer kita atau di print. Termasuk juga alamat-alamat email penting, sebaiknya di copy ke address book yang ada di komputer bukan yang ada di email.

Tidakan pencegahan lain, gunakan alamat email ganda sebagai back up, ketika mereply email dengan cc atau bcc ke alamat email lain. 

Setelah kejadian ini aku jadi lebih berhati-hati dengan jebakan-jebakan para hacker dan spammer. Semoga teman-teman terhindar dari kejadian yang aku alami.

Pedoman keamanan mail Yahoo ada di sini 

Comments

sayamaya said…
wah, kesal banget pastinya mba kalo data2 pada ilang.
emailku jg tiap ari nerima email2 berisi penipuan -__________-

thanks infonya mba ^^
Ayu Welirang said…
wah untunglah belum terjadi hal-hal yang destruktif yaaa Mbak.. :)
Eugenia Gina said…
aku sampe ngeliatin alamatnya mbak, nyobain di reply, yg keluar vitarledology@yahoo... hihihi :D
pindah ke gmail, mba tarlen :D yahoo mah sering pisan kebobolan.
jadi ngerti deh sekarang, aku juga dapet mba emailnya..
Chinta Imbran said…
udah pernah mengalami dan parahnya pembajak sampai ngirim iklan segala ke embassy, dosen dll bikin malu banget. Kenapa ya ada seperti itu, padahal yakin password sy waktu itu udah rumit

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut