Skip to main content

Souvenir Pernikahan Reza dan Shuang



Rasanya satu kehormatan ketika sahabatku, Reza, memintaku membuat souvenir untuk pernikahannya dengan Shuang, tanggal 16 Januari 2009 kemaren. Reza sobatku ini punya selera musik yang bagus. Pecinta sekaligus kolektor progresif rock. Itu sebabnya Reza menyusun kompilasi lagu-lagu cinta yang dia beri judul 'The Mission' sebagai souvenir pernikahannya. Ada 20 lagu dalam CD kompilasi itu. Yang membuat Reza bingung adalah bagaimana mengemas CD kompilasi itu supaya pantas sebagai sebagai souvenir pernikahan, untuk itulah Reza menyerahkannya padaku, "terserah kamu itu CD mau kemas kaya gimana, kamu bebas berkreasi."



Wah rasanya seneng banget dikasih kekebasan berkreasi dan berkarya untuk moment istimewa sahabatku sendiri. Ide dasar yang terpikir olehku adalah mengemas CD itu dalam sebuah notebook. Tapi seperti apa notebooknya, idenya justru baru muncul  seminggu sebelum pernikahan. Dengan menyesuaikan pada keterbatasan budget dan karakter sahabatku ini serta menimbang ketersediaan bahan yang bisa dimanfaatkan, akhirnya aku putuskan membuat notebook dengan cover sekaligus tempat CDnya dari majalah Rolling Stone. Dengan memanfaatkan gambar-gambar di lembar majalah itu, justru memberi seperti sebuah album kompilasi beneran. Aku membuat 220 pcs notebook CD dengan memanfaatkan sekitar 24 eks majalah Rolling Stone. Dan kemaren ketika pesta pernikahannya berlangsung, tamu-tamu bener-bener menyukainya. Beberapa teman yang hadir malah bertanya padaku apakah ada lagi notebook CDnya? heheheh.. aku seneng sih ngerjainnya 220 pcs dan semua cover notebooknya ga ada yang sama satupun. Ngerjainnya ga bosen.




Tulisan The Mission aku print di atas kalkir. sementara kertas dalamnya dari bahan samson paling murah  satu muka lebih halus dan muka lainnya lebih kasar.  Cover dalamnya aku print di atas samson yang lebih tebal 120 gr. Foto Reza dan Shuang aku print di kalkir.  Jilidnya aku pake teknik simple book binding. Bagian belakang sekalian untuk menyatukan lipatan-lipatan yang menjadi cover notebook ini, aku pasangin mata itik sekaligus lubang untuk tali karet pengikat notebooknya. Cover ini terbuat dari 3 lembar majalah Rolling Stone yang aku satukan dan aku lipat-lipat saja tanpa menggunakan lem sama sekali. Notebook ini jadi berkesan sangat handmade dan kental dengan prinsip Recycle dan Reuse.




 





 

 


Comments

I. Widiastuti said…
mbak, kalo aku hadir di pernikahan temannya mbak tarlen, pasti aku akan sibuk milihin sampai dapat yang david bowie atau the clash...hahahah.
vitarlenology said…
hahahahah... yang david bowie sama cream dan dave matthews juga udah di ambil langsung sama kedua mempelai hahahah..pengantennya juga ikut rebutan..
Puwi said…
mbak... bnr2 keren bgt... wah kl akuyg merried trs minta dibuatkan souvenir..pasti mahal yah? hehehe.... good job!
vitarlenology said…
heheheh.. tergantung souvenirnya apa..bisa diatur lah.. :D
belle said…
I love all your beautiful books and that scarf you made during the grammys was super sweet.

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut