Skip to main content

Lettering Set: Merangkai Kata Dimana Saja Ku Suka

Rubber Stamp Lettering Set
Ini adalah beberapa peralatan yang kupunya: lettering stamp & stencil set. Tiga diantaranya belum pernah aku pakai sama sekali. Udah ada rencana sih, tapi belum sempat dilaksanakan. Rubber lettering stamp set ini aku dapat di toko alat tulis di seberang Kota Kembang Bandung. Toko tak bernama ini, selain menyimpan stationery lawas, juga menyimpan harta karun luar biasa: lettering stamp aneka rupa. Dari yang lokal buatan sendiri seperti yang aku punya ini, sampai ke merek trodat produk impor yang lumayan mahal harganya. Lettering stamp seperti ini termasuk jarang di dapat terutama di kepulauan Nusantara dari Sabang sampai Mereuke heheheheh... Sangat berguna untuk art journaling  membuat tulisan-tulisan di cover notebook.

Steel lettering set

Nah, lettering set yang terbuat dari baja dan made in germany ini sangat-sangat spesifik kegunaannya. Dia dipakai untuk menamai atau menandai benda-benda yang terbuat dari logam: sendok misalnya (seperti yang dilakukan ibuku, dengan alasan biar sendok-sendoknya tidak tertukar dengan milik orang lain.. :D). Tujuanku membeli benda ini sebenarnya untuk membuat cover notebook dari plat logam dan kemudian bisa aku tulisi pake lettering set baja ini. Lagi-lagi yang ini masih dalam tataran ide, belum aku kerjakan, padahal plat almunium buat cover notebooknya juga sudah ada..

rubber stamp lettering set

Benda ini termasuk yang paling tua umurnya diantara lettering set lain yang aku punya. Aku beli  di abad lalu, tahun 1995 hihihihih... pas lagi ada diskon di Gramedia Bandung, hanya Rp. 21.000 saja. Terakhir aku lihat benda yang sama di toko alat tulis di Dalem Kaum itu, harganya sekitar Rp. 260.000.. yang aku punya ini huruf-hurufnya sudah banyak yang hilang. Pas jaman kuliah benda ini suka disalah gunakan oleh teman-temanku untuk membuat nota pengeluaran palsu. Teman-temanku yang kos itu, biasanya sedikit menipu ortunya untuk mendapatkan uang jajan ekstra dari nota pengeluaran palsu yang mereka buat.. :D

Lettering Stencil Set
Yang ini belum pernah aku pakai. Ukurannya lumayan besar untuk setiap hurufnya. Enak nih kalau mau bikin  cetakan huruf buat di pilox atau di warnai dengan teknik stensil atau sablon sederhana. Sudah ada rencana dan ide untuk menggunakan benda ini, tapi masalah klasik: belum ada waktu.

Filosofi dari membeli dan mengumpulkan benda-benda seperti ini adalah: 'beli dulu aja, mau dipakai apa, itu gimana nanti yang penting punya dulu ..'

Comments

I. Widiastuti said…
ini mah keren banget ya stampnya!
Fadilah said…
wah, gimana cara make nya ya?
ReBorn said…
wah, itu kayaknya buat percetakan ya?
angki said…
wah persis, aku baru menemukan harta karun stamp huruf yang kayu. akan diceritakan nanti di blog :P
waaah (lagi) lettering stamp yang itu cuma 20rb-an?? aku beli di pertengahan tahun ini sekitar 100rb-an. busyeeet.. :))
vitarlenology said…
@Dil: itu cara makenya kaya cap biasa aja, ada juga yang kaya bikin stensil

@reborn: itu buat nyetak sendiri

@Dindie: iya ini emang keren banget..

@angki: wahh aku pengen liat yang dari kayu, dapet dari mana?
moshe things said…
Tarlen, aku iriiiiiiiii... Pengin punya stampnya... hiks.
wow tarlen, wow.

eh mau dong nitip beliin kalo kesana lagi.
masi ada ga ya? rubber stamp yg font nya old-style serif gitu udah jarang bgt. apalagi yg steel lettering set.

mau dongs ya? plis?
vitarlenology said…
Tia & Edo, boleh loh kalo mau nitip beliin.. email aku aja..
angki said…
yang kayu maksudnya, sama kayak yang kau beli di dalem kaum :D cuma aku dapetnya dari rumah nini, hahaha beneran blast from the past ;)
vitarlenology said…
angki: iya nilai kenangannya itu loh.. aku suka agak sentimentil sama benda-benda peninggalan keluarga..
Martina said…
rubber stamp nya lucuuu...
Ratna Amalia said…
mbak Tarlen,
Punya koleksi rugos juga ga? termasuk benda jadul juga tuh.
Ratna Amalia said…
punya koleksi rugos juga, mbak?
benda jadul juga tuh ^_^
Goldsmith said…
steel lettering set-nya beli dimana nih?? kayaknya asik tuh....
Goldsmith said…
steel lettering set-nya beli dimana nih??

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut