Skip to main content

Rekaman Produksi Sendiri: Yes, I Listen To DJava String Quartet


Salah satu tugas manager untuk kelompok String Quartet Klasik seperti DJava String Quartet adalah memproduksi rekaman mereka dalam arti yang sebenar-benarnya. Setelah beberapa waktu lalu kami membuat rekaman tiga komposisi: Haydn D Minor Op. 76 No. 2, Miniature For String Sulkhan Tsintsatze dan Cublak-Cublak Suweng Tema Variasi Arr. Budhi Ngurah di studio milik Agus Suwage, Yogjakarta.

Penggandaannya aku lakukan dengan menggunakan software toast 6 titanium yang ada di ibook G4 ku. Kalau di PC bisa pake program burner (yang mendadak aku lupa namanya). Jangan di convert ke mp3, karena nanti mempengaruhi kualitas suaranya. Jadi biarkan saja dia sebagai file audio dengan ukuran yang lumayan besar untuk setiap lagu. Aku biasanya pake kecepatan burning 2x aja.. biar cd burnerku ga cepet rusak. Lagi pula untuk produksi rekaman kaya gini sekali produksi paling 20 copy.. ya sesuai kebutuhan, kalo kurang tinggal burn lagi..ga langsung 1000 copy dibikin. Oya di Bandung ada tempat jualan CD kosong yang murah banget.. kurasa paling murah dibanding tempat lain... Borma Jl. Setiabudi, Bandung. Bisa dapet CD kosong yang di toko biasa rp. 2000, di Borma bisa dapet rp. 1100.. jauh banget kan harganya. Untuk produksi rekaman DIY (Do It Yourself) begini sih perbedaan harga jadi lumayan penghematan biaya produksi.


Sambil ngeburn biasanya aku ngerjain sampulnya. Untuk cover DJava aku bikin dari kertas BC warna dan aku pake 2 paduan warna. Coklat dan biru atau hijau dan orange. Trus untuk CDnya aku print pake stiker aja. Tentunya dengan memanfaatkan printer laser hitam putih yang ada.. desainnya juga aku sesuaikan biar hasilnya ga norak.. sederhana tapi manis gitu.. hehehehhe. Dan beruhubung aku masih punya banyak pin Djava, akhirnya aku kasih bonus pin untuk setiap CDnya. Jadilah CD rekaman produksi sendiri. CD ini dijualin langsung sama anak-anak DJava kalo mareka konser bareng atau kalo temen-temen mereka konser, mereka titip jual. Aku juga jualin CD ini di tobucil, Selasar Sunaryo, Rumah Buku, Omuniuum dan bisa juga delivery via kurir untuk yang luar kota. Lumayan ngumpul-ngumpulin modal buat konser keliling bulan Mei nanti. Senengnya CD rekaman ini menyemangati temen-temen komunitas musik klasik untuk bikin rekaman independen sejenis. Selama ini kan biasanya anak-anak underground, punk, atau pop yang biasa bikin rekaman independen, musik klasik masih jarang banget. Buat yang berminat sama CD ini bisa kontak aku di vitarlenology@yahoo.com CD ini di jual rp. 20.000 belum termasuk ongkos kirim.

Comments

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut