Skip to main content

RTP#5 Membuat Tas Dari Disket Bekas

Tutorial kali ini ga susah, tapi bikinnya lumayan memerlukan kesabaran. Kalau teman-teman punya bekas disket bekas di rumah, jangan dibuang. Disket ini bisa digunakan kembali menjadi berbagai macam barang. Salah satunya di bikin tas. Tutorial ini terisnpirasi dari instructables.com, dengan sedikit modifikasi aku bikin tas dengan model yang berbeda. Nah, teman-teman juga bisa bikin sesuai dengan model yang teman-teman inginkan. Tadinya aku mau bikin tas ini ada tutupnya, tapi pengikat plastinya keburu habis, jadi belum aku pasang tutupnya. Nanti aku kabari kalau tas ini sudah bertutup. 

 Bahan yang butuhkan: 
Disket bekas (jumlah mengikuti besar kecil tas yang akan dibikin teman-teman), pengikat plastik ukuran kecil untuk tas sebesar yang aku buat, membutuhkan 250 pcs, pengikat plastik ini bisa di beli di supermarket atau toko peralatan listrik. Selain itu, pengikat plastik ini juga bisa diganti dengan menggunakan ring besi ukuran kecil, tapi dari segi kemudahan memasang, pengikat plastik jauh lebih praktis. Solder buat melubangi, tali buat pegangan tas, benang dan jarum.


Cara membuatnya: Susun disket sesuai dengan model yang kamu inginkan, sekalian untuk menghitung jumlah disket yang kamu perlukan.



Lubangi bagian atas disket dengan menggunakan solder untuk mengikat disket yang satu dengan yang lain. 

 Masukkan pengikat plastik pada lubang yang ada di disket, lalu ikat. 

 Untuk menyambungkan deretan disket yang sudah terikat satu sama lain, masukkan pengikat plasik pada lubang yang saling bersisian. 

Sampai ikatannya membentuk seperti ini. Ada 4 pengikat plastik yang masuk ke 4 lubang disket. 

Tampak depan akan terlihat seperti ini.


Disket yang telah tersambung satu sama lain....

 ... dan membentuk badan tas...



Untuk memasang talinya, jahitkan tali pada lubang disket, sehingga tali terpasang seperti foto di atas.


Bagian dalam tas akan tampak seperti ini. Kamu bisa menambahkan kain pelapis biar tas terlihat lebih rapi..


 Jika disket bekas yang kamu punya cukup banyak, kamu juga bisa membuat keranjang tempat koran, majalah atau baju kotor.. silahkan bebas berkreasi. Selamat mencoba..:)

Comments

sayamaya said…
naha... not ordinary bag, its cute mba tarlen :)
btw, aku msh utang poto notebook ya :D asap dh mba ;)
btw, have a nice weekend :)
snydez said…
keren! top!
..cuma udah ga nyimpen disket bertahun-tahun. udah ga punya lagi
Puwi said…
Kerennn bgt tas disket ini. Salut bgt buat idenya.
Nela Ticketing said…
yah udh ku buangin banyak dulu tuh thn 2008. dulu banyak malah aq buat gantungan pintu kamar kos...bagus juga tuh dulu... "trus kata temenku besok klo flashdisknya sdh banyak digantungin jg yah...haha

www.y3llowcat.blogspot.com

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut