Skip to main content

My Handmade 2010 Journal



Kunjungan Julie ternyata menyisakan semangat membuat note book tiada henti. Salah satunya adalah jurnal untuk tahun 2010 yang sengaja aku bikin sendiri. Bahkan agenda hariannya, aku garisin dan tulisin sendiri pake pensil warna. Benar-bener handmade abis.

Aku mulai dari cover dulu: terbuat dari bahan suede coklat kopi, trus kain dalamnya katun aneka corak. Aku juga memasang kain keras yang lumayan keras, biar si cover bisa lebih kaku. Trus di bagian dalam cover aku bikin dompet-dompet biar bisa buat menyelipkan macem-macem. Ada kantong kecil buat nyelipin ballpoint atau pensil juga. Aku juga pake velcrow untuk kuncinya, tadinya mau pake kancing bungkus, tapi nanti jadi mengganjal kalo pas nulis.

Untuk isinya: aku pake kertas aneka macam. Kertas korea warna-warni (karena aku tuh punya banyak stok untuk jenis kertas ini), dari kertas korea (yang warna biru) aku juga bikin kertas kotak-kotak, tinggal aku print pake tinta laser dan tinggal bikin kotak-kotaknya aja.

Jilidnya pake simple book binding sih, cuma pake 4 lubang dan di jahit langsung ke cover. Jadi kalo liat punggung jurnalnya, ada garis-garis benang jilid-annya. Aku pake benang rami katun tobucil untuk menjilidnya.

Ayo-ayo.. bikin jurnalmu sendiri.. resolusi di tahun 2010 adalah membuat lebih banyak handmade book aneka model..

Comments

I. Widiastuti said…
awwww tebal bangeeeeeeeetttt pasti puas nulis-nulisinnya dan juga pusa pas buatnya ya? *hugs*
I. Widiastuti said…
maksudku pusa=puas mbak...hihihi
Tarlen...lucu tiada tara...!
Ina Madjidhan said…
Mba Tarlen, aku pengen dong belajar bikin iniiii...
Puwi said…
mbak... agenda ter-cute yg pernah aku lihattttt.... mauuuuuu.....
vitarlenology said…
aku mau bikin lagi, nanti aku posting cara bikinnya...
May said…
mau dong cara bikinnya.. loveeee notebooks

Popular posts from this blog

Giveaway: Sepuluh 'Vitarlenology's Visual Diary Pocket Book' Hanya Buat Kamu :)

  Halo teman-teman semua. Menjelang ulang tahunku, aku ingin bagi-bagi hadiah buat teman-teman semua. Ada sepuluh pocket book buatanku yang akan aku bagikan cuma-cuma. Pocketbook ini covernya diambil dari foto-foto jepretanku dari koleksi NYC visual diary. Aku ingin berbagi kesan mendalamku tentang NYC pada teman-teman semua lewat pocket book ini.  Caranya: silahkan tulis komentar apapun di postingan ini dan yang belum follow, silahkan follow dulu biar bisa ikutan giveaway ini. Aku tunggu paling lambat tanggal 30 Maret 2011, Pk. 24.00 WIB. Sepuluh orang yang beruntung akan mendapat kiriman pocket book ini dariku..  Oya, giveaway ini terbuka bagi seluruh penghuni planet bumi ini hehehhe.. alias selain orang Indonesia boleh ikutan juga kok.. :) Salam hangat,  tarlen

Hari #15: Membuat Pin & Magnet Dari Tutup Botol

  Sudah sejak lama aku memikirkan soal tutup botol yang menumpuk berkardus-kardus di tobucil. Benda kecil ini termasuk benda 'dibuang sayang'. Sempet menemukan tutorial untuk bikin magnet dan pin dari tutup botol, tapi menggunakan resin, bahan kimia yang baunya aja udah bikin sakit kepala. Mikir lagi, gimana ya tetep bisa bagus tapi penggunaan bahan-bahan beracun dan berbahayanya lebih sedikit atau malah ga ada sama sekali. Akhirnya pin dan magnet yang begini ini yang kepikiran olehku. Alphabetical pin dan magnet. Seru kan. Bisa bikin A sampai Z, trus sekalian juga ini magnet atau pin jadi media belajar buat anak-anak menyusun huruf di rumah. Oya, kalau teman-teman membutuhkan tutup botol, silahkan datang aja ke tobucil, dengan senang hati kami akan membaginya secara cuma-cuma, sebanyak yang teman-teman mau (karena stok yang tersimpan di tobucil emang banyak banget dan terus bertambah setiap hari.. secara jualan minuman dingin juga di tobucil.. :D)   Bahan yang dibutuhkan: Tut